Kunci Jawaban IPA Kelas 7 SMP Halaman 6-7 Uji Kemampuan A. Apa Itu Sains?

Berikut adalah kunci jawaban IPA kelas 7 SMP halaman 6-7 Uji Kemampuan A. Apa Itu Sains?.

1. Ilmuwan berikut bekerja dalam bidang yang berbeda. Cobalah kalian identifikasi cabang ilmu yang dipelajari di bawah ini.
a. Yosua mempelajari kebiasaan makan sapi.
b. Dewi mencoba menciptakan plastik yang dapat terurai.
c. Bambang menyelidiki aliran listrik dalam televisi.
d. Bagas mempelajari pergerakan planet.
e. Debbi menyelidiki pengaruh sampah terhadap hewan-hewan di laut.

Jawaban: Berikut identifikasi cabang ilmu yang dipelajari:

a. Yosua adalah seorang ahli biologi yang mempelajari kebiasaan makan sapi.

b. Dewi adalah seorang ahli kimia yang mencoba menciptakan plastik yang dapat terurai.

c. Bambang adalah seorang ahli fisika yang menyelidiki aliran listrik dalam televisi.

d. Bagas adalah seorang ahli astronomi yang mempelajari pergerakan planet.

e. Debbi adalah seorang ahli ekologi yang menyelidiki pengaruh sampah terhadap hewan-hewan di laut.

2. Beberapa ilmuwan mempelajari lebih dari satu bidang Sains. Menurut kalian, apakah bidang-bidang ilmu yang dipelajari ahli berikut. 
a. Biokimia
b. Geofisika

Jawaban: Berikut adalah perkiraan bidang-bidang ilmu yang mungkin dipelajari oleh ahli berikut:

a. Biokimia
Ilmuwan yang mempelajari biokimia adalah orang yang ahli dalam memahami reaksi kimia yang terjadi dalam makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan manusia. Ilmuan biokimia bisa memahami bagaimana molekul-molekul seperti protein, DNA, dan enzim berinteraksi dalam proses kehidupan, seperti metabolisme dan pertumbuhan.

b. Geofisika
Ilmuwan yang mempelajari geofisika adalah mereka yang ahli dalam memahami fenomena fisika yang terjadi di Bumi dan lingkungan geologisnya. Ilmuan geofisika bisa mempelajari gempa bumi, pergerakan lempeng tektonik, struktur bumi, dan fenomena alam lainnya yang terjadi di permukaan Bumi.

3. Bagaimanakah ilmu Sains digunakan dalam pekerjaan berikut ini.
a. Dokter
b. Polisi
c. Arsitek
d. Ahli nutrisi

Jawaban: Berikut ilmu Sains yang digunakan dalam pekerjaan berikut:

a. Dokter
Dokter menggunakan ilmu Sains, seperti Biologi dan Kimia, untuk memahami struktur tubuh manusia, organ-organ, dan sistem fisiologis. Dengan pemahaman ini, dokter dapat mendiagnosis penyakit dengan lebih baik. Dokter juga menggunakan ilmu Fisika untuk memahami bagaimana teknologi medis seperti MRI atau sinar-X bekerja untuk membantu melihat masalah kesehatan di dalam tubuh. Selain itu, dokter juga mengandalkan penelitian ilmiah dan metode eksperimen untuk mengembangkan pengobatan baru dan lebih efektif.

b. Polisi
Dalam pekerjaan sebagai polisi, ilmu Sains digunakan dalam bidang forensik. Forensik adalah cabang ilmu yang memanfaatkan metode ilmiah untuk menyelidiki kejahatan. Polisi menggunakan ilmu Biologi dan Kimia untuk menganalisis bukti-bukti seperti sidik jari, DNA, serat kain, dan cairan tubuh untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan. Polisi juga menggunakan ilmu Fisika untuk memahami mekanisme dan sifat-sifat senjata, alat komunikasi, dan peralatan lain yang terkait dengan kejahatan.

c. Arsitek
Dalam pekerjaan sebagai arsitek, ilmu Sains, terutama Fisika dan Matematika, digunakan untuk merancang bangunan yang aman, kokoh, dan fungsional. Arsitek memahami bagaimana bahan bangunan berinteraksi dengan lingkungan dan kekuatan fisik yang bekerja pada struktur bangunan. Selain itu, ilmu Kimia juga berperan dalam pemilihan bahan bangunan yang tahan lama dan sesuai dengan lingkungan sekitar.

d. Ahli nutrisi
Sebagai ahli nutrisi, ilmu Sains, khususnya Biologi dan Kimia, sangat penting dalam memahami cara tubuh manusia memetabolisme makanan dan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan. Ahli nutrisi menggunakan pengetahuan ilmiah untuk merancang diet yang sesuai dengan kebutuhan individu atau kelompok. Ilmu Sains juga membantu mereka dalam penelitian tentang manfaat makanan tertentu bagi kesehatan dan mengidentifikasi cara-cara pencegahan atau pengobatan melalui asupan nutrisi yang tepat.

Komentar