Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Agama Hindu Kelas 11 SMA/SMK Bab 5 Sejarah Perkembangan Hindu di Dunia Halaman 178 s/d 183

Berikut adalah kunci jawaban Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kelas 11 SMA/SMK Bab 5 Sejarah Perkembangan Hindu di Dunia halaman 178 s/d 183.

A. Berilah tanda silang () pada huruf a, b, c, d, atau e!

1. California merupakan negara bagian Amerika Serikat. Menurut para ahli, nama California disepadankan dengan….
a. Kapila sagara
b. Kapila aranya
c. Kapila muni
d. Kapila das
e. Kapila mondas

Jawaban: B

2. Di India, kita mengenal dengan pangeran Sri Rama yang sangat terkenal bijaksana. Nama Sri Rama sering dipadankan dengan nama-nama lain di negara yang berbeda-beda. Sri Rama di negara Mesir disepadankan dengan….
a. Rasul
b. Ramses
c. Raskita
d. Raksasa
e. Ramdev

Jawaban: B

3. Perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan agama Hindu berikut!
1) Siwa Dance
2) Horse Island
3) Dewa matahari
4) Hari Rama-Sita
5) Matravaruna

Peninggalan agama Hindu di atas yang terdapat di negara Peru dan Australia ditunjukkan oleh nomor….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 2 dan 4
e. 4 dan 5

Jawaban: C

4. Lembah Sungai Sindhu merupakan awal perkembangan agama Hindu. Masyarakatnya telah memiliki kebiasaan yang sangat luhur untuk mendekatkan diri dengan Hyang Widhi Wasa. Kemudian datang Bangsa Arya memberikan pengaruh pada kebiasaan masyarakat di lembah Sungai Sindhu. Salah satu pengaruh Bangsa Arya tersebut adalah....
a. bertapa dan memuja gunung
b. memuja gunung dan laut
c. meditasi dan memuja halilintar
d. bertapa dan meditasi
e. memuja laut dan bertapa

Jawaban: B

5. Perhatikan nama negara berikut!
1) Mesir
2) Meksiko
3) Peru
4) Australia
5) Amerika Serikat

Inskripsi yang berangka tahun 1280 SM dan perayaan Rama- Sinta ditemukan di negara-negara yang ditunjukkan oleh nomor….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 1 dan 5

Jawaban: A

C. Jawablah dengan singkat dan benar!

1. Agama Hindu banyak memiliki peninggalan sejarah. Tuliskan peninggalan-peninggalan agama Hindu yang terdapat pada perdaban bangsa Dravida yang ditemukan di kota Harappa dan Mohenjo-daro!

Jawaban: Peninggalan-peninggalan agama Hindu yang terdapat pada perdaban bangsa Dravida yang ditemukan di kota Harappa dan Mohenjo-daro:
  • Arca manusia berkepala tiga, bertangan empat, berdiri dengan kaki kanan dan kaki kiri terangkat ke depan. Arca tersebut memiliki kemiripan dengan arca Siwanataraja.
  • Materai yang berisi hiasan burung elang sedang mengembangkan sayapnya,  kepalanya  menghadap  ke kiri atas, di atas terdapat hiasan ular,  mirip  dengan burung Garuda
  • Materai yang berisi lukisan pohon yang berdekatan dengan dewa (4) Materai bergambar orang duduk bersila bermuka tiga bertanduk dua, hiasana kepalanya meruncing ke atas
  • Bangunan rumah yang telah memiliki tata ruang dan letak yang sangat baik
  • Arca orang tua berjanggut dan mempergunakan jubah, serta arca seorang wanita yang bentuk badannya agak gemuk, kedua arca tersebut Terracota
  • Latra lengkap dengan pancurannya sebagai tempat pemandian umum atau sebagai taman yang disucikan untuk memandikan arca-arca dewa
  • Sandal yang terbuat dari bahan kaca.
2. Pada zaman Brahmana dibuatlah kitab Kalpasutra yang terbagi ke dalam empat kategori. Tuliskan jenis-jenis Kalpasutra dan jelaskan isi dari buku-buku tersebut!

Jawaban: Jenis-jenis Kalpasutra, yaitu: Srautasutra, Grhyasutra, Dharmasastra, dan Sulwasutra, dan mengelompokkan masyarakat berdasarkan warna dan dharmanya, yakni Brahmacari, Grihasta,  Wanaprastha, dan Sannyasin.

3. Perkembangan Hindu di India pada zaman Weda dikatakan banyak memuja dewa. Salah satu dewa yang banyak dipuja adalah Dewa Agni. Tuliskan alasan mengapa Dewa Agni banyak dipuja pada zaman Weda? Berikan pandangan pribadi kalian!

Jawaban: Dewa Agni banyak dipuja pada zaman Weda karena Agni disimbolisasikan sebagai dewa api karena manusia tidak bisa lepas dari penggunaan api sebagai sarana dalam kehidupan.

4. Dua orang remaja sedang pergi ke tempat cagar budaya. Sesampainya di lokasi, seorang remaja menyewa sepeda motor, sedangkan remaja yang lain tetap berjalan kaki. Jika dihubungkan dengan upaya melestarikan cagar budaya, perilaku manakah yang tepat menurut kalian dan berikan alasannya!

Jawaban: Jika dihubungkan dengan upaya melestarikan cagar budaya, menurut saya perilaku yang tepat adalah berjalan kaki, karena:
  • Dapat lebih menikmati dan memberikan nilai lebih terhadap cagar budaya tersebut
  • Penggunaan sepeda motor sedikit tidaknya juga akan memberikan dampak negatif terhadap pelestarian cagar budaya karena berdampak negatif dari sisi polusi udara maupun lainnya.
5. Seorang petani sedang menggali tanah untuk menanam pohon. Pada kedalaman 2 meter ia menemukan benda yang mirip dengan peninggalan bersejarah. Menurut kalian, hal apakah yang mesti dilakukan petani tersebut? Berikan alasannya!

Jawaban: Hal yang mesti dilakukan petani tersebut adalah segera melaporkan penemuan tersebut ke balai pelestarian cagar budaya agar segera mendapat evakuasi sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah terhadap penemuan tersebut.