Kunci Jawaban Agama Hindu Kelas 11 SMA/SMK Bab 2 Sad Darśana Cara Pandang Hindu Halaman 82 s/d 88


Berikut adalah kunci jawaban Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kelas 11 SMA/SMK Bab 2 Sad Darśana Cara Pandang Hindu halaman 82 s/d 88.

A. Berilah tanda silang () pada huruf a, b, c, d, dan e!

1. Berikut merupakan sifat-sifat ajaran Darśana.
1) Padarta
2) Pramana
3) Karma
4) Pramiti
5) Samanya

Pernyataan di  atas  yang  merupakan  sifat  ajaran  Nyāya
adalah....
a. 1 dan 5
b. 2 dan 4
c. 3 dan 5
d. 4 dan 1
e. 5 dan 2

Jawaban: B

2. Perhatikan tabel berikut:

Berdasarkan tabel di atas, nama dan arti yang sesuai adalah ....
a. A1 dan B1
b. A2 dan B1
c. A2 dan B2
d. A3 dan B3
e. A3 dan B1

Jawaban: E

3. Bacalah wacana berikut!
Menurut Ṛṣi Patañjali terdapat lima jenis klesa atau kotoran yang mempengaruhi pikiran kita setiap saat. Kelima klesa tersebut, yakni awidyā, asmitā, rāga, dweṣa dan abhiniweśa.
Klesa yang berarti keakuan dan takut kematian adalah....
a. awidyā dan asmitā
b. asmitā dan abhiniweśa
c. rāga dan dweṣa
d. dweṣa dan awidyā
e. abhiniweśa dan rāga

Jawaban: B

4. Perhatikan tabel berikut.

Berdasarkan tabel di atas, pasangan yang tepat antara nama dan pencetusnya adalah....
a. A1 dan B1
b. A1 dan B2
c. A2 dan B2
d. A2 dan B3
e. A3 dan B1

Jawaban: B

5. Bacalah ilustrasi berikut!
Setiap pagi, Dayu melaksanakan persembahyangan di rumah. Sebelum sembahyang, Dayu membersihkan diri terlebih dahulu. Kemudian Dayu mempersiapkan sarana sembahyang, seperti air, bunga, dan dupa yang wangi. Setelah semua siap, Dayu duduk dengan posisi yang nyaman dan rilek kemudian mengatur nafas secara teratur. Perlahan-lahan Dayu merapalkan mantra Tri Sandhya.

Jika dikaitkan dengan ajaran yoga darśana, perilaku Dayu menggambarkan tahapan….
a. Yama, Nyama, dan Asana
b. Yama, Asana dan Pranayama
c. Asana, Pranayama dan Samadhi
d. Nyama, Asana dan Pranayama
e. Pratyahara, Dhyana dan Pranayama

Jawaban: D

C. Jawablah dengan singkat dan benar!

1. Dalam ajaran filsafat semua dapat dipertanyakan untuk memenuhi rasa keingintahuan. Setiap aliran darśana memiliki pandangan-pandangan yang berbeda untuk mencapai tujuan. Salah satu aliran darśana adalah aliran Nyāya. Aliran Nyāya dalam pandangannya mengenalkan empat cara untuk mendapatkan pengetahuan yang baik dan benar. Tuliskan empat cara untuk mendapatkan pengetahuan, lengkap dengan penjelasannya!

Jawaban: Cara untuk mendapatkan pengetahuan, yaitu: Pengamatan (pratyakṣa pramāṇa), penyimpulan (anumāna pramāṇa), perbandingan (upamāṇa pramāṇa) dan kesaksian (śabda pramāṇa).

2. Aliran Nyāya membahas hal-hal pokok dalam kehidupan. Menurut aliran Nyāya terdapat 11 pokok ajaran yang menjadi obyek pengetahuan. Tuliskan minimal 7 pokok-pokok obyek pengetahuan menurut aliran Nyāya!

Jawaban: Pokok-pokok obyek pengetahuan menurut aliran Nyāya, diantaranya: ātma atau jiwa, sarira atau tubuh atau badan, pañca indriya dengan obyeknya, buddhi (pengamatan), manas (pikiran), pravṛtti (aktivitas), doṣa (perbuatan yang tidak baik), pratyabhāva (tentang kelahiran kembali), phala (buah perbuatan), puḥka (penderitaan) dan apavarga (bebas dari penderitaan).

3. Aliran Vaiśeṣika mengajarkan padārtha- padārtha atau obyek- obyek yang dapat dipikirkan. Aliran Vaiśeṣika membahas hal-hal pokok dalam kehidupan ini. Menurut aliran Vaiśeṣika terdapat tujuh pokok obyek pengalaman. Tuliskan pokok- pokok bahasan menurut aliran Vaiśeṣika!

Jawaban: Pokok- pokok bahasan menurut aliran Vaiśeṣika, yakni: Substansi (dravya), Kualitas (guṇa), Aktifitas  (karma), Sifat umum (sāmānya), Keistimewaan (viśeṣa), Pelekatan (samavāya), dan Ketidakadaan (abhāva)

4. Sāṁkhya adalah salah satu aliran darśana yang mengakui otoritas Weda sebagai sumber tuntunan kehidupan. Banyak ajaran-ajaran yang diajarkan kepada pengikutnya tentang kehidupan. Salah satu pokok ajarannya adalah tentang kelepasan hidup. Tuliskan pokok ajaran kelepasan menurut Sāṁkhya Darśana!

Jawaban: Pokok ajaran kelepasan menurut Sāṁkhya Darśana, yaitu: Kelepasan dapat dicapai oleh seseorang bila orang tersebut menyadari bahwa purusa tidak sama dengan alam pikiran, perasaan, dan badan jasmani.

5. Aliran yoga mengajarkan bagaimana cara yang efektif dan
tepat dalam menghubungkan diri dengan Hyang Widhi Wasa, cara yang baik dengan melewati atau melalui tahapan-tahapan yoga, sehingga tujuan dalam kehidupan dapat tercapai. Tahapan-tahapan yoga menjadi sadangga yoga dalam tattwa di Nusantara. Tuliskan sadangga yoga dalam Wrhaspati Tattwa 53!

Jawaban: Sadangga yoga dalam Wrhaspati Tattwa, yaitu: Prathara, Dhyana, Pranayama, Dharana, Tarka, dan Samadhi.

Comments