Kunci Jawaban Agama Hindu Kelas 11 SMA/SMK Bab 1 Upaniṣad Sumber Filsafat Hindu Halaman 39 s/d 44


Berikut adalah kunci jawaban Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kelas 11 SMA/SMK Bab 1 Upaniṣad Sumber Filsafat Hindu halaman 39 s/d 44.

A. Berilah tanda silang () pada huruf a, b, c, d, dan e!!

1. Perhatikan bacaan berikut!
Sungai mengalir dengan tenang memberikan kesejukan. Di tepi sungai terdapat pohon yang rindang, cukup untuk beberapa orang berteduh. Dari kejauhan terlihat sekelompok orang sedang duduk melingkari sesorang yang sedang berbicara. Orang yang duduk di tengah berbicara tentang hakikat hidup. Sedangkan yang lain mendengarkan penuh rasa hormat.

Bacaan di atas merupakan bentuk pemberian pelajaran dari seorang pendidik kepada peserta didik. Strategi pembelajaran seperti ini termasuk pola pembelajaran….
a. Darsana
b. Upaniṣad
c. Vedanta
d. Pasraman
e. Tattwa

Jawaban: B

2. Perhatikan pengelompokan berikut:
1). Wedanta Upaniṣad Murni
2). Yoga Upaniṣad
3). Sannyasa Upaniṣad
4). Siwa Upaniṣad
5). Wisnu Upaniṣad

Kelompok Upaniṣad di atas yang membicarakan tentang pengertian ātman dan sanyasin adalah….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 1 dan 5

Jawaban: B

3. Kitab Upaniṣad dalamklaisfikasi Weda dikelompokkan menjadi empat kelompok. Setiap kelompok terdapat Upaniṣadnya masing-masing. Kitab Upaniṣad pada kelompok Samaveda dan Krishna Yajurveda berjumlah….
a. 10 dan 32
b. 16 dan 10
c. 19 dan 31
d. 32 dan 16
e. 31 dan 19

Jawaban: D

4. Perhatikan pengelompokan berikut.
1). Wedanta Upaniṣad Murni
2). Yoga Upaniṣad
3). Sannyasa Upaniṣad
4). Siwa Upaniṣad
5). Wisnu Upaniṣad

Kelompok Upaniṣad di atas yang membicarakan tentang awatara dan perwujudan ātman ditunjukkan oleh nomor….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 1 dan 5

Jawaban: E

5. Perhatikan jumlah Upaniṣad berikut!
1). 10
2). 16
3). 19
4). 31
5). 32

Upaniṣad yang tergolong ke dalam kelompok Sukla Yajurveda dan Atharvaveda adalah ….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 5 dan 1

Jawaban: C

B. Jawablah dengan singkat dan benar!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Upanisad secara etimologi dan kaitkan dengan kebiasaan pola pembelajaran pada zaman dulu!

Jawaban: Upanisad adalah sekelompok sisya (peserta didik) duduk dekat acarya (Pendidik atau guru). Pada zaman dulu sistem berkelompok duduk dekat dengan guru dan mendengarkan ajarannya merupakan pola pembelajaran yang biasa dipergunakan.

2. Kitab Upaniṣad dalam kodifikasi Weda dikatakan berjumlah 108 Upaniṣad. Dari ke-108 Upaniṣad, terdapat 12 Upaniṣad utama. Tuliskan 12 Upaniṣad utama tersebut!

Jawaban: 12 Upaniṣad utama, yaitu: Īśa, Chāndogya, Kena, Muṇḍaka, Praśna, Māṇḍūkya, Katḥa, Aitareya, Taittirīya, Bṛhad Āraṇyaka, Kauṣītaki, Śvetāśvatara, dan Maitrāyaṇi

3. Kitab Upaniṣad dalam kodifikasi Weda terkelompok ke dalam Catur Weda, namun terdapat pandangan berbeda tentang pengelompokkan ini. Upaniṣad juga dikelompokkan atau diklasifikasikan menjadi lima kelompok besar. Tuliskan lima kelompok yang dimaksud!

Jawaban: Lima kelompok Upaniṣad, yaitu: Wedanta Upaniṣad Murni, Yoga Upaniṣad, Sannyasa Upaniṣad, Siwa Upaniṣad, dan Wisnu Upaniṣad

Comments