Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 97 Topik C: Teknologi untuk Kehidupan

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 97 Topik C: Teknologi untuk Kehidupan.
 
1. Apakah teknologi harus menggunakan listrik?
Jawaban: Tidak, tidak semua teknologi harus menggunakan listrik. Contohnya, teknologi sederhana seperti pisau, obeng, dan palu tidak memerlukan listrik.

2. Apakah setiap teknologi pasti membantu manusia menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban: Tidak, walaupun teknologi pada umumnya diciptakan untuk membantu manusia menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak semua teknologi pasti berfungsi seperti itu. Ada juga teknologi yang lebih fokus pada hiburan, seni, atau tujuan lain yang mungkin tidak langsung terkait dengan menyelesaikan masalah.

3. Apa jadinya jika kalian tidak lagi dapat menggunakan benda-benda berteknologi?
Jawaban: Jika kita tidak lagi dapat menggunakan benda-benda berteknologi, maka kita akan menghadapi banyak kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya, jika tidak ada kendaraan bermotor, kita mungkin akan kesulitan melakukan perjalanan jauh, dan jika tidak ada lampu atau listrik, kita akan kesulitan beraktivitas di malam hari.

4. Jadi, apa pengertian teknologi menurut kalian?
Jawaban: Menurut saya, teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk menciptakan alat atau proses yang membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari, memecahkan masalah, dan meningkatkan kenyamanan serta efisiensi dalam berbagai bidang kehidupan.