Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 83 Topik A: Apa dan Untuk Apa Magnet Diciptakan?


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 83 Topik A: Apa dan Untuk Apa Magnet Diciptakan?

1. Apa itu magnet?
Jawaban: Magnet adalah suatu logam yang memiliki kemampuan menarik benda-benda yang mengandung unsur besi dan memiliki kutub Utara dan Selatan.

2. Apa saja benda-benda yang dapat ditarik magnet?
Jawaban: Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda-benda yang mengandung logam, terutama unsur besi. Contohnya klip besi, jarum, peniti, dan logam lainnya. Sementara itu, benda-benda seperti beras, kedelai, biji-bijian, kayu, tanah, dan kerikil tidak mengandung unsur besi sehingga tidak dapat ditarik oleh magnet.

3. Apa itu garis-garis gaya magnet?
Jawaban: Garis-garis gaya magnet adalah garis-garis yang terbentuk ketika serbuk pasir atau serbuk besi diletakkan di atas magnet. Garis-garis ini menghubungkan bagian ujung magnet dengan ujung magnet yang lainnya. Semakin banyak serbuk besi yang menempel di bagian tertentu, semakin besar kekuatan magnet di bagian tersebut.

4. Apa yang terjadi jika kedua magnet dengan kutub yang sama didekatkan?
Jawaban: Jika kedua magnet dengan kutub yang sama (misalnya kedua kutub Utara) didekatkan, maka kedua magnet tersebut akan saling tolak-menolak dan berusaha menjauh satu sama lain.

5. Apa yang terjadi jika kedua magnet dengan kutub yang berbeda didekatkan?
Jawaban: Jika kedua magnet dengan kutub yang berbeda (misalnya kutub Utara dan Selatan) didekatkan, maka kedua magnet tersebut akan saling tarik-menarik dan berusaha mendekat satu sama lain.

6. Apa manfaat magnet dalam kehidupan kita sehari-hari?
Jawaban: Manfaat magnet dalam kehidupan kita sehari-hari adalah digunakan untuk membuat teknologi modern yang dapat membantu kita dalam banyak aktivitas sehari-hari, contohnya peralatan elektronik, seperti pengeras suara di smartphone, televisi, speaker, hiasan kulkas, pintu lemari pendingin, dan gardu listrik. Selain itu, magnet digunakan dalam mesin dan kendaraan, seperti dinamo pada kendaraan bermotor dan mesin.

Comments