Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 61 Topik B: Memakan dan Dimakan

Berikut adalah kunci jawaban IPAS Kelas 5 SD halaman 61 Topik B: Memakan dan Dimakan.

1. Mengapa makhluk hidup membutuhkan energi?
Jawaban: Makhluk hidup membutuhkan energi agar bisa menjalankan fungsi-fungsi tubuhnya dengan baik dalam berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari, seperti tumbuh, bergerak, bernapas, berkembang biak, dan melakukan berbagai proses biologis.

2. Bagaimana transfer energi terjadi pada suatu ekosistem?
Jawaban: Transfer energi pada suatu ekosistem terjadi melalui rantai makanan atau jaring-jaring makanan. Setiap tingkatan dalam rantai makanan akan memindahkan sebagian energi ke tingkatan berikutnya, dan sisa energi akan digunakan oleh makhluk hidup untuk aktivitasnya.

3. Apa arti tanda panah dalam jaring-jaring makanan?
Jawaban: Arti tanda panah dalam jaring-jaring makanan adalah arah transfer energi antar makhluk hidup yang menunjukkan bahwa energi mengalir dari makhluk yang dimakan ke makhluk yang memakan.

4. Apakah ada hubungannya populasi suatu makhluk hidup dengan transfer energi? Lihatlah dari piramida makanan yang kalian buat untuk membantu menjawab pertanyaan ini. 
Jawaban: Ya, ada hubungan antara populasi suatu makhluk hidup dengan transfer energi dalam ekosistem. Semakin banyak populasi suatu makhluk hidup pada suatu tingkatan dalam piramida makanan, semakin banyak juga energi yang tersedia pada tingkatan tersebut.

5. Apa yang membedakan jaring-jaring makanan dan piramida makanan?
Jawaban: Perbedaan antara jaring-jaring makanan dan piramida makanan terletak pada representasi struktur dan jumlah energi yang tersedia. Jaring-jaring makanan menggambarkan berbagai hubungan makan dan dimakan dalam suatu ekosistem secara kompleks dan rinci. Sedangkan, piramida makanan menggambarkan energi yang tersedia pada setiap tingkatan dalam ekosistem secara hierarkis, di mana tingkatan konsumen atas memiliki jumlah energi yang lebih sedikit dibandingkan dengan tingkatan produsen dan konsumen tingkat pertama.

6. Apa yang bisa kita pelajari dari hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup?
Jawaban: Yang bisa kita pelajari dari hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup adalah adanya saling ketergantungan makhluk hidup dalam ekosistem. Tumbuhan memerlukan hewan sebagai penyebar biji dan penyerbuk, sedangkan hewan memerlukan tumbuhan sebagai sumber makanan. Begitu pula dengan hewan karnivora yang memangsa hewan herbivora, mereka membantu mengontrol populasi hewan herbivora sehingga tanaman tidak habis dimakan.

Komentar