Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 53 Topik A: Memakan dan Dimakan A.2 Jaring-jaring Makanan

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 53 Topik A: Memakan dan Dimakan, A.2 Jaring-jaring Makanan

1. Apa perbedaan dari hubungan makan dan dimakan yang kalian gambarkan pada kegiatan pertama dan sekarang?
Jawaban: Pada kegiatan pertama, kami menggambarkan hubungan makan dan dimakan dalam bentuk rantai makanan, dimana setiap organisme hanya memiliki satu hubungan dengan organisme lain yang memakannya secara langsung.

Sedangkan pada kegiatan kedua, kami menggambarkan hubungan tersebut dalam bentuk jaring-jaring makanan, di mana satu organisme bisa memiliki beberapa hubungan dengan organisme lain yang memakannya atau yang menjadi mangsanya.

2. Menurut kalian, mana yang lebih tepat menggambarkan kondisi nyata dalam suatu ekosistem, rantai makanan atau jaring-jaring makanan? Mengapa?
Jawaban: Menurut kami, jaring-jaring makanan lebih tepat menggambarkan kondisi nyata dalam suatu ekosistem karena di alam nyata, organisme tidak terbatas pada satu rantai makanan saja.

Contohnya, seekor hewan bisa menjadi pemangsa bagi beberapa jenis hewan lain, dan sekaligus menjadi mangsa bagi hewan lainnya.

3. Apakah hewan bisa memiliki peran yang berbeda dalam satu jaring-jaring makanan?
Jawaban: Ya, benar. Dalam jaring-jaring makanan, hewan bisa memiliki peran yang berbeda tergantung pada organisme mana yang memakannya atau yang menjadi mangsanya.

Contohnya, hewan A bisa berperan sebagai produsen karena menghasilkan makanan sendiri, tetapi juga berperan sebagai konsumen karena memakan hewan B. Selain itu, hewan A juga bisa menjadi mangsa bagi hewan C, sehingga menjadi konsumen juga untuk hewan C.

4. Menurut kalian, bagaimana peran jaring-jaring makanan dalam menjaga ekosistem tetap harmonis?
Jawaban: Jaring-jaring makanan berperan dalam dalam menjaga ekosistem tetap harmonis. Dengan adanya banyak koneksi antarorganisme, ekosistem menjadi lebih stabil. Jika salah satu spesies mengalami kenaikan atau penurunan populasi, dampaknya akan menyebar melalui jaring-jaring makanan dan mempengaruhi populasi organisme lainnya.