Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 27 Topik C: Bunyi dan Sifatnya


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 27 Topik C: Bunyi dan Sifatnya.

1. Hal menarik apa yang kalian dapatkan pada topik kali ini?
Jawaban: Hal menarik yang kami dapatkan dari topik ini adalah pemahaman tentang bunyi dan sifatnya. Kami belajar bahwa bunyi berasal dari benda yang bergetar dan bisa merambat melalui berbagai media seperti benda padat, cair, dan gas. Selain itu, kami juga mengetahui bahwa bunyi dapat dipantulkan oleh benda keras dan diredam oleh benda lunak. Kami juga belajar tentang tinggi rendah bunyi yang dipengaruhi oleh kecepatan getaran benda serta intensitas bunyi yang ditentukan oleh kekuatan getaran.

2. Apa perbedaan rambatan pada bunyi dan cahaya?
Jawaban: Perbedaan rambatan pada bunyi dan cahaya terletak pada medium yang digunakan. Cahaya dapat merambat dalam hampa udara atau ruang hampa, sehingga bisa merambat dalam ruang hampa maupun dalam medium seperti udara, air, atau kaca.

Sedangkan, bunyi membutuhkan medium untuk merambat, sehingga hanya bisa bergerak melalui benda padat, cair, atau gas.

3. Mengapa kita tidak selalu mendengar gema/gaung walaupun ada benda padat, seperti tembok di sekitar kita?
Jawaban: Kita tidak selalu mendengar gema/gaung walaupun ada benda padat di sekitar kita karena gema/gaung memerlukan permukaan yang keras dan rata untuk pantulannya. Jika lingkungan sekitar kita banyak benda-benda yang menyerap suara, seperti busa, bantal, atau kain, maka bunyi tidak akan banyak memantul dan menyebabkan gema/gaung.

4. Apa yang memengaruhi jenis-jenis bunyi?
Jawaban: Jenis-jenis bunyi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tinggi rendahnya frekuensi bunyi atau cepat lambatnya getaran benda. Bunyi dengan frekuensi tinggi menghasilkan suara yang tinggi, sedangkan frekuensi rendah menghasilkan suara yang rendah. Selain itu, intensitas bunyi atau kekuatan getaran benda juga mempengaruhi jenis-jenis bunyi, di mana getaran benda yang kuat menghasilkan bunyi yang keras dan sebaliknya.

5. Bagaimana kita bisa mengubah nada dan intensitas dari bunyi?
Jawaban: Kita bisa mengubah nada bunyi dengan mengatur kecepatan getaran benda. Jika benda bergetar dengan cepat, akan menghasilkan bunyi yang tinggi, dan jika bergetar dengan lambat, akan menghasilkan bunyi yang rendah. Intensitas bunyi dapat diubah dengan memperbesar atau memperkecil kekuatan getaran benda. Misalnya, jika kita mengguncangkan benda dengan keras, intensitas bunyi yang dihasilkan akan lebih tinggi daripada jika kita mengguncangkannya dengan lembut.

Comments