Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 220 Topik A: Bumi Berubah


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 220 Topik A: Bumi Berubah.

1. Apa penyebab peristiwa alam berubah menjadi bencana alam?
Jawaban: Peristiwa alam berubah menjadi bencana alam ketika menyebabkan kerugian dan mengancam kehidupan manusia. Ketika peristiwa alam seperti gempa bumi, gunung meletus, atau tsunami terjadi dengan kekuatan yang cukup besar dan mengenai wilayah yang dihuni oleh manusia, maka akan terjadi dampak yang merusak dan membahayakan.

2. Apa saja peristiwa alam yang termasuk bencana alam?
Jawaban: Beberapa peristiwa alam yang termasuk bencana alam antara lain gempa bumi, gunung meletus, tsunami, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

3. Mengapa Indonesia termasuk negara yang rawan bencana alam terutama gempa Bumi?
Jawaban: Indonesia termasuk negara yang rawan bencana alam terutama gempa bumi karena letaknya yang dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik. Gempa bumi terjadi akibat tumbukan antarlempeng bumi, patahan aktif, aktivitas gunung merapi, atau runtuhan batuan. Aktivitas ini menimbulkan getaran di permukaan bumi dan berpotensi menyebabkan gempa yang cukup kuat.

4. Apa saja dampak dari bencana alam terhadap kehidupan manusia?
Jawaban: Dampak dari bencana alam terhadap kehidupan manusia adalah kerusakan fisik pada infrastruktur, kehilangan harta benda, dan bahkan korban jiwa. Selain itu, bencana alam juga bisa mengakibatkan gangguan pada ekonomi, sosial, dan psikologis masyarakat yang terkena dampaknya.

5. Apa yang bisa kalian lakukan untuk membantu teman atau keluarga yang terkena bencana alam?
Jawaban: Untuk membantu teman atau keluarga yang terkena bencana alam, kita dapat melakukan beberapa langkah, yaitu:
  • Segera memberikan pertolongan pertama kepada korban Memberikan dukungan dan bantuan moral kepada mereka yang terdampak untuk mengatasi trauma dan kesulitan psikologis.
  • Menggalang dana atau bantuan material untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, air bersih, obat-obatan, dan pakaian.
  • Bergabung dengan organisasi atau relawan yang fokus pada penanganan bencana alam untuk memberikan kontribusi lebih besar dalam membantu para korban.

Comments