Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 214 Uji Pemahaman Bab 7 Daerah Kebanggaanku

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 214 Uji Pemahaman Bab 7 Daerah Kebanggaanku.

A. Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris
Tuliskan sejarah salah satu budaya daerah kalian yang mendapatkan pengaruh dari budaya lain!

Jawaban:

Salah satu budaya daerah kami yang mendapatkan pengaruh dari budaya lain adalah batik Jawa. Batik Jawa adalah seni membatik yang telah ada sejak berabad-abad di pulau Jawa, Indonesia.

Sejarah batik Jawa dimulai pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di pulau Jawa. Pada saat itu, pengrajin lokal mulai menciptakan teknik membatik dengan menggunakan malam alam yang diaplikasikan pada kain. Namun, pengaruh dari budaya asing seperti Tiongkok, India, dan Arab membawa teknik-teknik baru yang mempengaruhi perkembangan batik Jawa.

Pada abad ke-17, masa penjajahan Belanda di Indonesia, batik Jawa semakin mendapatkan pengaruh dari Eropa. Para pedagang Belanda dan Eropa membawa kain katun impor yang kemudian dihiasi dengan motif-motif batik lokal. Hal ini menyebabkan munculnya batik cap, di mana pola-pola batik dicetak menggunakan cap atau stempel.

Pengaruh budaya asing terus berkembang seiring berjalannya waktu. Setelah kemerdekaan Indonesia, batik Jawa semakin diapresiasi dan menjadi simbol kebanggaan nasional. Pemerintah pun berperan dalam mempromosikan batik Jawa sebagai warisan budaya Indonesia yang tak ternilai.

Kini, batik Jawa menjadi salah satu budaya daerah yang paling terkenal di Indonesia dan dikenal di seluruh dunia. Batik Jawa menggabungkan keindahan motif lokal dengan pengaruh budaya dari berbagai negara, menciptakan sebuah seni khas yang unik dan mengagumkan.

B. Kondisi Perekonomian Daerahku
1. Tuliskan tiga jenis aktivitas ekonomi yang paling banyak dilakukan di daerah kalian! 
Jawaban: Di daerah saya, tiga jenis aktivitas ekonomi yang paling banyak dilakukan adalah pertanian, perkebunan, dan perdagangan.

2. Jelaskan mengapa ketiga aktivitas ekonomi tersebut banyak dilakukan di sana!
Jawaban: Pertanian dan perkebunan banyak dilakukan karena daerah kami memiliki kondisi geografis yang cocok untuk bercocok tanam. Tanahnya subur dan curah hujan yang cukup membantu proses pertumbuhan tanaman. Selain itu, kami juga memiliki sumber daya air yang melimpah, sehingga irigasi dapat berjalan dengan baik. Sedangkan perdagangan menjadi aktivitas ekonomi yang ramai karena daerah kami merupakan pusat perdagangan antar wilayah. Banyak barang dagangan yang diproduksi di daerah sekitar kami dibeli oleh banyak pedagang.

C. Daerahku yang Luar Biasa!
Buatlah sebuah mind map produk unggulan daerah kalian. Di dalam mind map tersebut tuliskan informasi-informasi mengenai:
1. Sumber daya alam yang menjadi bahan bakunya;
2. Jenis aktivitas ekonomi yang terlibat di dalamnya;
3. Faktor yang memengaruhi keunggulan produk.

Jawaban: Mind map produk unggulan daerah kami (Udang):

1. Sumber daya alam yang menjadi bahan bakunya di daerahku adalah Udang.

2. Jenis aktivitas ekonomi yang terlibat di dalamnya meliputi perikanan dan perdagangan udang.

3. Faktor yang memengaruhi keunggulan produk Udang di daerahku adalah kualitas udang yang baik, hasil perikanan yang melimpah, dan cara pengolahan yang unik dan lezat, sehingga produk udang dari daerahku menjadi favorit dan terkenal di berbagai tempat.

Komentar