Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 202 Topik B: Kondisi Perekonomian di Daerahku


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 202 Topik B: Kondisi Perekonomian di Daerahku.

1. Barang kebutuhan apa sajakah yang kalian gunakan setiap hari? Kalian bisa menyebutkan dari kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.
Jawaban: Sebagai manusia, setiap hari kami menggunakan berbagai barang kebutuhan mulai dari kebutuhan primer seperti makanan (beras, sayuran, daging, dan buah), sandang (pakaian, sepatu), dan papan (tempat tinggal). Kemudian, ada kebutuhan sekunder seperti alat elektronik (telepon, komputer), kendaraan (mobil, sepeda motor), serta peralatan rumah tangga (lemari, kulkas). Kebutuhan tersier kami termasuk hiburan (TV, buku), perjalanan liburan, dan barang-barang mewah seperti perhiasan.

2. Di manakah kalian dapat menemukan barang kebutuhan tersebut?
Jawaban: Barang kebutuhan tersebut dapat kami temukan di berbagai tempat, misalnya untuk makanan dan sandang bisa didapatkan di pasar tradisional, supermarket, atau toko-toko pakaian. Untuk barang elektronik dan peralatan rumah tangga, kami biasanya mendapatkannya dari toko elektronik atau toko peralatan rumah.

3. Hasil produksi di bidang apakah barang tersebut?
Jawaban: Barang kebutuhan yang kami sebutkan termasuk hasil produksi di berbagai bidang. Makanan dan sayuran berasal dari sektor pertanian, daging dan susu dari sektor peternakan, pakaian dari sektor industri tekstil, dan alat elektronik dari sektor manufaktur elektronik.

4. Menurut kalian apakah barang kebutuhan itu merupakan produksi asli daerah kalian? Jelaskan alasannya!
Jawaban: Sebagian barang kebutuhan tersebut merupakan produksi asli daerah kami, terutama yang berasal dari sektor pertanian dan peternakan, karena daerah kami dikenal sebagai daerah pertanian yang subur, maka beras yang kami konsumsi adalah hasil produksi asli daerah kami.

5. Adakah barang kebutuhan di rumah kalian yang bukan merupakan produk daerah kalian?
Jawaban: Ya, ada barang kebutuhan di rumah kami yang bukan merupakan produk daerah kami. Misalnya, barang elektronik seperti HP Smartphone dan Laptop.

6. Saat ini, kalian termasuk konsumen yang merupakan salah satu pelaku ekonomi  daerah kalian. Sebagai konsumen, apa yang akan kalian lakukan untuk meningkatkan perekonomian di daerah kalian?
Jawaban: Sebagai konsumen yang merupakan pelaku ekonomi di daerah kami, yang akan kami lakukan untuk meningkatkan perekonomian di daerah kami adalah berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian dengan cara lebih mendukung produk-produk lokal. Kami akan berusaha memilih dan membeli lebih banyak produk-produk dari daerah kami untuk membantu serta mendukung para produsen dan petani lokal.

7. Jadi, hal apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perekonomian daerah kalian?
Jawaban: Untuk meningkatkan perekonomian di daerah kami, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:
  • Menggalakkan kampanye "beli lokal" dan mendukung produk-produk unggulan daerah.
  • Ikut berpartisipasi dalam program-program pemerintah yang mendorong pengembangan industri lokal dan pelatihan sumber daya manusia.
  • Mendukung pengembangan infrastruktur di daerah kami, seperti perbaikan jalan dan fasilitas publik lainnya, agar dapat meningkatkan konektivitas dan distribusi barang.
  • Berusaha untuk berinovasi dan menciptakan usaha-usaha baru yang dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian daerah kami.

Comments