Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 196 Topik A: Seperti Apakah Budaya Daerahku?


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 196 Topik A: Seperti Apakah Budaya Daerahku?.

1. Apa yang paling menarik dari kegiatan ini?
Jawaban: Yang paling menarik dari kegiatan ini adalah pengetahuan tentang keragaman warisan budaya Indonesia, baik yang berupa benda maupun yang tak terlihat, serta pentingnya upaya pelestariannya.

2. Warisan budaya apa saja yang menurut kalian paling menarik di daerah kalian?
Jawaban: Di daerah kami, salah satu warisan budaya yang menarik adalah tarian tradisional yang disebut "Tari Saman." Tari Saman adalah tarian Aceh yang khas, dimana penari mengekspresikan kekompakan dan kebersamaan melalui gerakan tangan yang cepat dan harmonis. Tarian ini telah menjadi simbol kebanggaan dan identitas budaya daerah kami.

3. Adakah warisan budaya di daerah kalian yang merupakan hasil dari akulturasi budaya? Jika ada, apakah nama warisan budayanya dan kebudayaan apa sajakah yang membentuknya?
Jawaban: Ya, di daerah kami terdapat warisan budaya hasil dari akulturasi budaya. Salah satunya adalah "Wayang Kulit." Wayang Kulit merupakan seni pertunjukan tradisional dengan menggunakan wayang kulit sebagai media. Seni ini merupakan gabungan dari budaya Jawa dan Hindu-Budha, sehingga mencerminkan pengaruh budaya Hindu dalam cerita dan karakternya.

4. Menurut kalian apa dampak dari akulturasi budaya? 
Jawaban: Dampak dari akulturasi budaya adalah kemunculan budaya baru yang merupakan perpaduan dari berbagai budaya yang berinteraksi. Hal ini dapat memperkaya kebudayaan daerah dan membuka peluang untuk memahami dan menghormati budaya lain. Tetapi, akulturasi juga bisa menyebabkan pergeseran budaya asli dan perlu dijaga agar tetap memiliki identitas yang kuat.

5. Apa perasaan kalian setelah mengenal warisan budaya di daerah kalian?
Jawaban: Setelah mengenal warisan budaya di daerah kami, perasaan kami adalah bangga dan lebih menghargai keragaman budaya Indonesia. Kami merasa terhubung dengan generasi sebelumnya dan merasa bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan kekayaan budaya tersebut.

6. Menurut kalian apakah manfaat warisan budaya bagi daerah kalian?
Jawaban: Manfaat warisan budaya bagi daerah kami adalah sebagai identitas unik dan daya tarik wisata. Budaya kami menjadi ciri khas daerah dan mampu menarik wisatawan untuk datang dan mengenal lebih dekat dengan kebudayaan kami.

7. Adakah warisan budaya yang kalian lakukan sehari-hari? Apa tujuan dari warisan tersebut?
Jawaban: Ya, salah satu warisan budaya yang kami lakukan sehari-hari adalah "Upacara Adat." Upacara ini dilakukan dalam berbagai momen penting seperti pernikahan, kematian, atau penyambutan tamu penting. Tujuannya adalah untuk menjaga hubungan harmonis dengan lingkungan, sesama manusia, dan juga leluhur kami.

8. Menurut kalian adakah kemungkinan warisan budaya daerah kalian rusak atau hilang? Lalu, bagaimana caranya agar warisan budaya tersebut tidak rusak atau hilang?
Jawaban: Kemungkinan warisan budaya daerah kami rusak atau hilang tentu ada jika tidak dijaga dengan baik. Untuk mencegah hal tersebut, kami harus terus melestarikan budaya dengan cara mengajarkannya kepada generasi muda, mengadakan pertunjukan seni dan budaya secara teratur, serta melibatkan masyarakat dalam upaya pelestariannya.

Comments