Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 184 Topik C: Indonesiaku Kaya Alamnya

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 184 Topik C: Indonesiaku Kaya Alamnya.

1. Apa saja sumber daya alam nonhayati yang ada di daerah kalian?
Jawaban: Beberapa sumber daya alam nonhayati yang ada di daerah saya adalah batu bara dan pasir.

2. Menurut kalian apakah daerah tempat tinggal kalian sudah memaksimalkan potensi sumber daya alamnya dengan baik? Mengapa?
Jawaban: Menurut saya, daerah tempat tinggal kami belum sepenuhnya memaksimalkan potensi sumber daya alamnya dengan baik. Pemanfaatannya belum dilakukan dengan bijaksana. Terkadang, kegiatan pertambangan bisa menyebabkan kerusakan lingkungan dan mengancam keberlanjutan sumber daya alam tersebut.

3. Manakah SDA yang paling banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kalian, SDA yang bisa diperbarui atau tidak bisa diperbarui? Apa dampak dari hal ini?
Jawaban: Sumber daya alam yang paling banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kami adalah SDA yang bisa diperbarui, seperti air, tanah, dan hasil pertanian. Namun, juga ada beberapa barang tambang yang digunakan dalam industri. Dampak dari penggunaan SDA yang tidak bisa diperbarui adalah kekhawatiran akan habisnya sumber daya tersebut di masa depan jika tidak digunakan dengan bijaksana.

4. Apakah kalian sudah menggunakan SDA dengan bijaksana? Mengapa?
Jawaban: Kami berusaha menggunakan SDA dengan bijaksana, tetapi tentu masih ada perluasan kesadaran dan upaya lebih lanjut untuk mengurangi dampak negatif dari kegiatan ekstraksi sumber daya alam, misalnya kesadaran untuk mendaur ulang dan menggunakan sumber daya secara efisien menjadi bagian dari upaya kami.

5. Menurut kalian bagaimana pemanfaatan SDA yang bijaksana agar tetap bisa dimanfaatkan tapi tidak merusak alam kita?
Jawaban: Pemanfaatan SDA yang bijaksana memerlukan kerjasama dari semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan pelaku industri. Beberapa langkah yang dapat diambil adalah:
  • Mengembangkan teknologi yang lebih ramah lingkungan untuk ekstraksi dan pengolahan sumber daya alam.
  • Menerapkan peraturan yang ketat untuk mengawasi kegiatan ekstraksi sumber daya alam agar tidak merusak lingkungan.
  • Memaksimalkan daur ulang dan mengurangi limbah agar lebih sedikit SDA yang terbuang percuma.
  • Mendorong program reboisasi dan rehabilitasi hutan untuk mengganti pohon-pohon yang ditebang.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keberlanjutan sumber daya alam dan mengedukasi mengenai cara penggunaan yang bertanggung jawab.

Komentar