Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 167 Topik A: Bagaimana Bentuk Indonesiaku


Berikut adalah Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 167 Topik A: Bagaimana Bentuk Indonesiaku.

1. Apa informasi yang bisa kalian dapatkan dari peta?
Jawaban: Dari peta, kita bisa mendapatkan berbagai informasi seperti nama wilayah, bentuk geografis suatu daerah, batas-batas wilayah, lokasi pulau dan negara, serta simbol-simbol yang mewakili berbagai objek seperti gunung, sungai, kota, dan lainnya.

2. Berdasarkan apa yang sudah kalian dapatkan, menurut kalian apa kelebihan yang dimiliki negara Indonesia?
Jawaban: Kelebihan yang dimiliki negara Indonesia adalah memiliki wilayah laut yang luas, menjadikannya sebagai negara maritim. Hal ini memberikan potensi besar dalam pemanfaatan sumber daya laut, seperti ikan, energi alternatif, perdagangan, dan pariwisata bahari. Selain itu, Indonesia juga memiliki wilayah daratan yang subur, menjadikannya sebagai negara agraris yang berpotensi menghasilkan sumber daya pertanian dan perkebunan yang melimpah.

3. Sebagai negara maritim, apa potensi yang menurut kalian bisa dikembangkan di Indonesia?
Jawaban: Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan sektor kelautan. Pemanfaatan sumber daya laut, seperti perikanan, akomodasi wisata bahari, energi angin, dan penelitian kelautan, bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pertumbuhan ekonomi.

4. Sebagai negara agraris, apa potensi yang menurut kalian bisa dikembangkan di Indonesia?
Jawaban: Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan sektor pertanian dan perkebunan. Dengan wilayah daratan yang luas, kita bisa meningkatkan produksi beras, sayuran, buah-buahan, dan komoditas pertanian lainnya. Selain itu, juga dapat dikembangkan usaha peternakan untuk memanfaatkan lahan pertanian dan menyediakan sumber pangan protein hewani.

5. Bagaimana dengan tempat tinggal kalian? Apakah termasuk daerah maritim atau agraris? Mengapa?
Jawaban: Tempat tinggal saya termasuk daerah agraris. Karena daerah saya memiliki wilayah daratan yang cukup luas, mayoritas masyarakatnya menggantungkan hidup dari sektor pertanian dan perkebunan. Banyak ladang, kebun, dan sawah yang menghiasi daerah ini, dan petani sebagai mata pencaharian mayoritas masyarakat di sini.

Comments