Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 160 Uji Pemahaman Bab 5 Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 160 Uji Pemahaman Bab 5 Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh.

Jawablah pertanyaan berikut ini untuk menguji pemahamanmu tentang hal-hal yang dipelajari pada bab ini.

1. Seorang penyelam profesional berkebangsaan Perancis bernama Stephane Mifsud mampu menahan napas selama 11 menit 35 detik dan berhasil memecahkan rekor menahan napas terlama. Menurut kalian apa yang akan terjadi apabila ia terus menahan napas hingga lebih dari 11 menit 35 detik?

Jawaban: Jika Stephane Mifsud terus menahan napas selama lebih dari 11 menit 35 detik, tubuhnya akan mengalami hipoksia, yaitu kekurangan oksigen dalam darah. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak dan organ tubuh lainnya karena tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Jika tidak segera mendapatkan oksigen, kondisi ini bisa berujung pada kehilangan kesadaran atau bahkan kematian.

2. Pada tanggal 14 September 2019 lalu, beberapa wilayah hutan di Indonesia mengalami kebakaran hutan dan menyebabkan polusi udara serius. Asap yang dihasilkan dari kebakaran hutan di wilayah Riau membuat beberapa wilayah di Singapura terkena dampaknya. Ratusan orang di Singapura harus menjalani perawatan di rumah sakit akibat terlalu banyak menghirup gas yang beracun. Menurut kalian kira-kira penyakit apa yang mungkin terjadi apabila seseorang terlalu banyak menghirup asap hasil kebakaran hutan?

Jawaban: Penyakit yang mungkin terjadi apabila seseorang terlalu banyak menghirup asap hasil kebakaran hutan adalah batuk, pilek, sesak napas, dan asma.

3. Kita makan dan minum untuk memenuhi kebutuhan energi sehingga kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas. Menurut kalian apa yang akan terjadi apabila usus mengalami infeksi dan tidak dapat menyerap makanan dengan baik?

Jawaban: Yang akan terjadi apabila usus mengalami infeksi dan tidak dapat menyerap makanan dengan baik adalah tubuh akan kehilangan banyak nutrisi, sehingga energi kita menurun dan tubuh menjadi lemah. Hal ini dapat menyebabkan berat badan turun drastis, rasa lelah yang berlebihan, masalah pencernaan, dan kekurangan vitamin dan mineral. 

4. Setiap manusia tentu akan melewati masa pubertas atau masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Setiap orang memiliki masa pubertas yang berbeda-beda, ada yang mengalaminya lebih awal namun ada juga yang mengalaminya lebih akhir. Jika kalian termasuk yang terlambat mengalami pubertas, apa yang akan kalian lakukan?

Jawaban: Jika saya mengalami pubertas lebih lambat dari teman-teman sebaya, saya tidak perlu khawatir, karena setiap orang memiliki waktu yang berbeda untuk tumbuh dan berkembang. Saya tetap fokus pada hal-hal positif dalam saya dan saya tidak akan membandingkan diri dengan orang lain. Saya tetap menjaga kesehatan dan mengikuti perkembangan alami tubuh saya.

Komentar