Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 16 Topik B: Melihat karena Cahaya


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 16 Topik B: Melihat karena Cahaya.

1. Hal baru apakah yang kalian dapatkan dari topik ini?
Jawaban: Hal baru yang dapat saya temukan dari topik ini adalah bagaimana proses mata kita bisa melihat suatu benda. Terutama, saya mempelajari bagian-bagian mata beserta fungsinya, termasuk bagian dalam mata yang berperan penting dalam penglihatan. Saya juga mengetahui bahwa pupil dapat membesar dan mengecil untuk mengatur cahaya yang masuk, serta lensa mata yang bisa berubah bentuk untuk memfokuskan cahaya.

2. Apa hubungan cahaya dan proses melihat?
Jawaban: Hubungan antara cahaya dan proses melihat adalah bahwa cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda di sekitar kita akan masuk ke dalam mata melalui kornea dan pupil. Kemudian, lensa mata akan mengatur cahaya tersebut sehingga jatuh pada retina. Retina akan menangkap cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal yang dikirimkan melalui saraf mata ke otak. Selanjutnya, otak akan menerjemahkan sinyal ini menjadi gambar yang kita lihat.

3. Mengapa kita tetap bisa melihat ketika malam hari?
Jawaban: Kita tetap bisa melihat ketika malam hari karena pupil pada mata kita dapat membesar. Saat berada dalam kegelapan, pupil akan melebar sehingga memperbanyak cahaya yang masuk ke mata, sehingga kita bisa melihat dengan lebih baik dalam kondisi minim cahaya.

4. Mengapa kita perlu berkedip?
Jawaban: Kita perlu berkedip untuk membasahi permukaan mata dengan air mata. Ketika kita berkedip, air mata akan menyapu permukaan mata dan menjaga kelembaban serta membersihkan kotoran yang mungkin menempel pada mata.

5. Informasi apa yang diberikan oleh mata kita? Jika mata kita tidak berfungsi, adakah cara lain untuk mendapatkan informasi ini?
Jawaban: Mata kita memberikan informasi tentang lingkungan sekitar melalui penglihatan. Informasi visual seperti bentuk, warna, dan gerakan dapat diterima oleh mata kita.

Jika mata kita tidak berfungsi, kita tidak dapat memperoleh informasi visual ini. Namun, ada cara lain untuk mendapatkan informasi, seperti menggunakan indera pendengaran untuk mendengar suara dan menggunakan indera peraba untuk merasakan benda-benda di sekitar kita.

6. Apa saja yang tidak bisa kita lakukan jika kita tidak bisa melihat?
Jawaban: Jika kita tidak bisa melihat, kita akan kesulitan melakukan banyak hal. Misalnya, kita tidak bisa membaca, menulis, atau melihat arah saat berjalan. Aktivitas sehari-hari seperti mengenali wajah orang lain, melihat benda-benda di sekitar, dan menikmati pemandangan juga akan terganggu.

7. Menurut kalian cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata kita?
Jawaban: Untuk menjaga kesehatan mata kita, kita dapat melakukan:
  • Menghindari melihat sinar yang terlalu terang atau menyilaukan.
  • Menghindari melihat objek dekat terlalu lama.
  • Beristirahat sejenak jika terlalu sering menggunakan HP, Laptop atau Komputer.
  • Memeriksa mata secara berkala ke dokter mata
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A

Comments