Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 151 Topik C: Bagaimana Aku Tumbuh Besar?

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 151 Topik C: Bagaimana Aku Tumbuh Besar?.

1. Apakah setiap manusia memiliki siklus pertumbuhan yang sama?
Jawaban: Tidak, setiap manusia tidak memiliki siklus pertumbuhan yang sama. Pertumbuhan manusia dimulai dari masa embrio, janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga manula. Setiap tahap tersebut memiliki perbedaan dalam perkembangan fisik dan emosi.

2. Apakah yang menyebabkan setiap manusia mengalami masa bertumbuh?
Jawaban: Yang menyebabkan setiap manusia mengalami masa bertumbuh adalah proses alami dalam tubuh kita. Pada awal kehidupan, pertumbuhan tubuh sangat cepat. Kemudian, saat kita masih anak-anak, pertumbuhan menjadi lebih lambat dan teratur. Pada masa remaja, pertumbuhan kembali cepat seiring dengan perubahan fisik dan emosi yang terjadi.

3. Bagaimana pendapat kalian tentang masa pubertas? Apa kekhawatiran kalian?
Jawaban: Bagi saya, masa pubertas adalah masa yang menarik, tapi terkadang saya merasa cemas atau khawatir tentang pertumbuhan fisik pada beberapa bagian di tubuh saya.

4. Bagaimana seharusnya sikap yang bijak saat kalian mengalami masa pubertas?
Jawaban: Sikap saya saat mengalami masa pubertas adalah menerima dan menghargai perubahan yang terjadi pada diri sendiri dan pada teman-teman sebaya. Saya tidak takut bertanya dan berbicara dengan orang tua atau orang dewasa yang dapat memberikan dukungan dan bimbingan. Saya selalu menjaga kesehatan fisik dan emosi, serta tetap dekat dengan Tuhan agar dapat menghadapi masa pubertas dengan baik.