Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 135 Topik A: Bagaimana Bernapas Membantuku Melakukan Aktivitas Sehari-hari?


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 135 Topik A: Bagaimana Bernapas Membantuku Melakukan Aktivitas Sehari-hari?.

1. Bagaimana proses bernapas pada manusia?
Jawaban: Proses bernapas pada manusia dimulai dengan udara masuk melalui hidung. Di dalam hidung, udara disaring oleh rambut-rambut halus untuk menghindari masuknya kotoran. Kemudian udara melewati faring, tenggorokan, dan bronkus sebelum mencapai paru-paru. Di paru-paru, terjadi pertukaran gas antara oksigen dan karbon dioksida di dalam alveoli. Oksigen akan diambil oleh darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh, sementara karbon dioksida akan dikeluarkan saat kita mengembuskan napas.

2. Mengapa manusia untuk hidup dan bertumbuh perlu bernapas?
Jawaban: Manusia perlu bernapas karena oksigen sangat penting bagi tubuh untuk melakukan proses metabolisme. Oksigen yang kita hirup di dalam udara akan digunakan oleh sel-sel tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan yang kita konsumsi. Tanpa oksigen, sel-sel tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik, dan proses hidup dan pertumbuhan tidak dapat berlangsung.

3. Apakah hubungan antara frekuensi pernapasan dengan aktivitas seseorang?
Jawaban: Frekuensi pernapasan seseorang, yaitu jumlah napas per menit, dapat berubah tergantung pada aktivitas fisiknya. Ketika melakukan aktivitas yang membutuhkan lebih banyak energi, seperti berlari atau berolahraga, frekuensi pernapasan akan meningkat karena tubuh memerlukan lebih banyak oksigen untuk menyuplai energi tambahan. Sedangkan ketika sedang beristirahat atau tidur, frekuensi pernapasan akan menurun karena tubuh membutuhkan lebih sedikit oksigen.

4. Apakah kalian sudah menjaga kesehatan organ pernapasan dengan baik?
Jawaban: Tentu saja, menjaga kesehatan organ pernapasan sangat penting bagi kesejahteraan kita. Salah satu cara menjaga kesehatan pernapasan adalah dengan menghindari paparan polusi udara dan merokok. Selain itu, menjaga pola makan sehat dan aktif berolahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan organ pernapasan.

5. Apakah lingkungan sekitar dapat memengaruhi kesehatan organ pernapasan kalian? Mengapa?
Jawaban: Ya, lingkungan sekitar dapat memengaruhi kesehatan organ pernapasan kita, karena jika kita tinggal di daerah yang polusinya tinggi, udara yang kita hirup akan terkontaminasi oleh partikel berbahaya seperti debu, asap kendaraan, dan zat-zat kimia beracun. Paparan terus-menerus terhadap polusi udara ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan mengurangi kapasitas paru-paru.