Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 128 Uji Pemahaman Bab 4 Berkenalan dengan Bumi Kita

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 128 Uji Pemahaman Bab 4 Berkenalan dengan Bumi Kita.

A. Benarkah pernyataan ini?
Salinlah kalimat berikut pada buku tugas. Lalu berikan keterangan “Benar” jika menurut kalian pernyataan ini benar. Berikan keterangan “Salah” jika menurut kalian pernyataan ini salah. Sertakan juga alasan dari jawaban kalian.

1. Bagian daratan di Bumi diistilahkan dengan hidrosfer. 
Jawaban: Salah. Bagian daratan di Bumi diistilahkan dengan litosfer, bukan hidrosfer. Hidrosfer adalah lapisan perairan yang menyelimuti permukaan Bumi.

2. Proses penguapan air dalam siklus air hanya terjadi di laut. 
Jawaban: Salah. Proses penguapan air dalam siklus air tidak hanya terjadi di laut, tetapi juga di danau, sungai, dan semua permukaan air lainnya.

3. Bagian lembah selalu lebih rendah dibandingkan puncak gunung. 
Jawaban: Benar. Secara umum, lembah merupakan dataran yang lebih rendah di antara dua puncak gunung atau perbukitan.

4. Danau merupakan salah satu bagian dari hidrosfer.
Jawaban: Benar. Danau merupakan salah satu bagian dari hidrosfer, karena danau adalah genangan air yang dikelilingi oleh daratan.

5. Jika tidak ada atmosfer maka kehidupan di Bumi akan musnah.
Jawaban: Benar. Atmosfer berperan dalam menjaga kehidupan di Bumi, seperti menyediakan oksigen untuk bernapas dan mengurangi intensitas sinar ultraviolet yang berbahaya. Jika tidak ada atmosfer, Bumi tidak dapat mendukung kehidupan seperti yang kita kenal sekarang.

B. Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Sungai memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan kita. Sungai selalu mengalir dari tempat yang berada di dataran tinggi ke dataran yang lebih rendah. Menurut pendapat kalian mengapa hal ini bisa terjadi?
Jawaban: Sungai memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan kita karena aliran airnya membawa nutrisi dan air yang diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh. Selain itu, sungai juga menjadi sumber air bersih yang digunakan untuk minum, mandi, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Pergerakan air dari dataran tinggi ke dataran rendah terjadi karena gaya gravitasi, yang membuat air mengalir ke bawah.

2. Menurut pendapat kalian apa yang akan terjadi jika seluruh air yang ada di permukaan Bumi tidak dapat menguap dan membentuk awan? Apa dampaknya terhadap kehidupan manusia?
Jawaban: Jika seluruh air di permukaan Bumi tidak dapat menguap dan membentuk awan, maka siklus air akan terhenti. Dampaknya terhadap kehidupan manusia adalah kurangnya air bersih yang dapat digunakan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan. Tanaman akan mati karena kekurangan air, hewan akan kesulitan mencari sumber air, dan manusia akan mengalami kekeringan dan kesulitan mencukupi kebutuhan air sehari-hari.

3. Coba identiikasi bentuk permukaan Bumi di lingkungan sekitar kalian. Cari tahu apakah ada bukit, gunung, sungai, danau, pantai, atau kenampakan alam lainnya. Ceritakan bagaimana kondisi permukaan Bumi di sekitar memengaruhi kehidupan kalian.
Contoh: Ada banyak bukit di daerah sekitar tempat tinggalku. Area perbukitan ini membuat jalanan yang ada di desa kami naik-turun. Sehingga rasanya lelah sekali untuk melakukan perjalanan dengan berjalan kaki.
Jawaban: Di sekitar tempat tinggalku, terdapat banyak bukit dan lereng yang cukup curam. Kondisi ini mempengaruhi transportasi dan akses ke daerah sekitar. Jalanan di daerah perbukitan cenderung berkelok-kelok dan terkadang sempit, sehingga perjalanan dengan kendaraan menjadi lebih lambat dan sulit. Namun, keberadaan bukit juga memberikan keindahan alam dan peluang untuk beraktivitas seperti hiking dan olahraga alam lainnya. Selain itu, lereng yang curam juga dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor, yang dapat membahayakan lingkungan dan kehidupan masyarakat di sekitar tempat tinggalku.

Komentar