Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 104-106 Uji Pemahaman Bab 3 Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 104-106 Uji Pemahaman Bab 3 Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan.

A.  Menuliskan Pendapat
Berikan pendapat kalian tentang pernyataan-pernyataan berikut ini dengan cara menuliskan setuju atau tidak setuju beserta alasannya pada buku tugas. 

1. Gaya magnet bisa didapatkan dari sebatang kayu.
Jawaban: Tidak setuju. Gaya magnet tidak bisa didapatkan dari sebatang kayu karena kayu tidak mengandung sifat magnetik. Gaya magnet hanya bisa didapatkan dari benda-benda yang mengandung logam, seperti besi, nikel, atau kobalt.

2. Gaya magnet dapat menarik besi.
Jawaban: Setuju. Gaya magnet dapat menarik benda-benda yang mengandung logam, seperti besi, karena medan magnet yang dihasilkan oleh magnet akan berinteraksi dengan medan magnet dari benda tersebut.

3. Jika saya dekatkan kutub Utara suatu magnet dengan kutub Selatan magnet lainnya, kedua magnet itu akan saling tolak-menolak.
Jawaban: Tidak setuju. Jika saya mendekatkan kutub Utara suatu magnet dengan kutub Selatan magnet lainnya, kedua magnet itu akan saling tarik-menarik, karena kutub Utara dan kutub Selatan memiliki polaritas yang berlawanan, sehingga medan magnet mereka saling berinteraksi secara tarik-menarik.

4. Magnet biasa digunakan sebagai salah satu komponen di dalam mainan.
Jawaban: Setuju. Magnet sering digunakan sebagai salah satu komponen di dalam mainan, terutama mainan yang berhubungan dengan perakitan atau konstruksi, seperti puzzle magnetik, mainan kereta api, dan sebagainya.

C. Peran Teknologi untuk Kehidupan
Bacalah cerita singkat tentang Aga yang sedang berkunjung ke rumah neneknya di Kabupaten Tasikmalaya berikut ini.

Seminggu Bersama Nenek di Cipatujah

Saat liburan akhir tahun kemarin, aku sempat berkunjung ke rumah nenekku yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Rumah nenek berada di daerah tepi pantai di Kecamatan Cipatujah, lebih tepatnya di Desa Ciheras. Meskipun di sana cuacanya panas, aku tidak merasa gerah karena anginnya sangat kencang. Aku sangat suka berdiam diri di depan rumah sambil melihat perahu-perahu nelayan yang ada di daerah pantai.

Selama berada di rumah nenek, aku sangat senang. Meskipun di rumah nenek tidak ada internet dan listrik sangat terbatas, aku bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa aku lakukan di kota. Aku bisa bermain layang-layang, membuat istana pasir, dan berlari-lari sesuka hati tanpa khawatir tertabrak mobil ataupun sepeda motor.

Pernah suatu ketika, aku diajak oleh paman menemui temannya yang bernama Om Ricky. Kata pamanku, beliau orangnya keren, pernah membuat pembangkit listrik tenaga bayu (angin). Rumah Om Ricky tidak terlalu jauh dari rumah nenek. Aku dan paman kesana menggunakan sepeda kayuh.

Sesampainya di rumah Om Ricky, aku melihat ada banyak kincir angin yang berputar-putar di belakang rumahnya. Menariknya, kincir angin ini tidak terbuat dari bambu seperti kincir angin yang biasanya aku lihat. Warnanya perak mengilat dan terlihat kokoh. Aku menduga kincir angin itu terbuat dari besi.

Karena sangat penasaran, aku langsung bertanya ke Om Ricky sesaat setelah paman mengenalkanku. Aku banyak bertanya tentang kincir angin itu. Seperti menanyakan apa kegunaannya, bagaimana cara membuatnya, dan sebagainya. Ternyata, kincir angin itu dibuat untuk menghasilkan energi listrik. Wah, keren sekali! Aku baru tahu bahwa ternyata energi listrik itu tidak harus didapatkan dari PLN. Tapi juga bisa menggunakan kincir angin seperti itu.

Kata om Ricky, angin yang kencang bisa dimanfaatkan untuk memutar kincir angin. Energi angin yang memutar kincir akan diteruskan untuk memutar baling-baling pada generator sehingga menghasilkan energi listrik. Dia juga menjelaskan bahwa di dalam generator itu ada magnetnya.

Aku terpukau dengan penjelasan Om Ricky. Aku jadi semakin bersemangat untuk menjadi ilmuwan di masa depan dan menciptakan teknologi-teknologi keren seperti yang dilakukan oleh Om Ricky. Pengalaman seminggu di rumah nenek benar-benar berkesan. Selain berlibur dan bersenang-senang, aku juga mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru.

Cari tahu, apa saja bentuk aktivitas dan benda-benda yang disebutkan oleh Aga dalam cerita tersebut yang berkaitan dengan teknologi.

Jawaban:

Dalam cerita tersebut, Aga menyebutkan beberapa aktivitas dan benda-benda yang berkaitan dengan teknologi, yaitu:

1. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Kincir Angin): Aga mengunjungi rumah Om Ricky, yang telah menciptakan pembangkit listrik tenaga bayu berupa kincir angin. Kincir angin ini berfungsi untuk menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan angin yang kencang.

2. Internet dan Listrik Terbatas: Di rumah nenek Aga, tidak ada akses internet yang memungkinkannya terhubung secara online. Selain itu, listrik juga terbatas di sana, mungkin karena lokasinya yang lebih terpencil.

3. Layang-Layang: Aga mencantumkan bahwa salah satu kegiatan yang dapat dilakukannya di rumah nenek adalah bermain layang-layang. Layang-layang yang dimainkan Aga ini adalah salah satu bentuk permainan tradisional yang menggunakan teknologi sederhana, seperti menggunakan benang sebagai pengendali dan konstruksi bingkai dari bambu atau plastik.

4. Membuat Istana Pasir: Meskipun bukan bentuk teknologi modern, menciptakan istana pasir adalah salah satu aktivitas kreatif yang melibatkan penggunaan tangan dan imajinasi Aga.

5. Generator dalam Kincir Angin: Ketika Aga berbicara dengan Om Ricky tentang kincir angin, beliau menjelaskan bahwa kincir angin tersebut memiliki generator yang berfungsi mengubah energi angin menjadi energi listrik. Di dalam generator tersebut terdapat magnet.

Comments