Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 194 Uji Pemahaman Bab 7 Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita?

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 4 SD halaman 194 Uji Pemahaman Bab 7 Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita?

A. Aku dan Kebutuhanku
Kalian adalah seorang pelajar. Sebutkan 10 buah benda atau barang yang kalian butuhkan. Urutkan benda tersebut dari yang paling penting sampai bisa ditunda. Jelaskan alasannya. Apakah sebuah keinginan dapat menjadi sebuah kebutuhan? Mengapa?

Jawaban:

Sebagai seorang pelajar, berikut 10 buah benda atau barang yang saya butuhkan, dari urutan yang paling penting sampai bisa ditunda:

a. Buku pelajaran dan alat tulis - Karena ini penting untuk belajar dan mencatat materi di sekolah.
b) Air minum - Karena tubuh membutuhkan air untuk tetap hidrasi dan sehat.
c) Makanan - Karena tubuh perlu makanan sebagai sumber energi dan nutrisi.
d) Pakaian - Untuk menjaga diri dari cuaca dan menjaga privasi.
e) Tempat tinggal (rumah/kos) - Untuk tempat beristirahat dan melindungi diri dari bahaya.
f) Obat-obatan dan perawatan kesehatan - Untuk menjaga kesehatan dan mengatasi penyakit.
g) Komunikasi (ponsel atau internet) - Untuk berhubungan dengan keluarga, teman, dan mendapatkan informasi.
h) Transportasi (sepeda, kendaraan umum, atau lainnya) - Untuk berpindah tempat dengan lebih mudah.
i) Peralatan untuk belajar (komputer/laptop) - Untuk mendukung kegiatan belajar dan tugas sekolah.
j) Hiburan (buku hiburan, permainan, atau hobi) - Sebagai pengisi waktu luang dan untuk relaksasi.

Sebuah keinginan dapat menjadi sebuah kebutuhan jika keinginan tersebut sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan fisik atau emosional. Misalnya, seseorang memiliki keinginan untuk memiliki ponsel terbaru, yang pada awalnya hanyalah keinginan untuk memiliki barang baru. Namun, jika ponsel tersebut diperlukan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau untuk aktivitas pekerjaan, maka keinginan tersebut bisa menjadi sebuah kebutuhan.

B. Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku?
Buatlah urutan peristiwa cara pemenuhan kebutuhan manusia mulai dari sebelum uang ditemukan sampai sesudah uang ditemukan. 

Jawaban:

Urutan peristiwa cara pemenuhan kebutuhan manusia mulai dari sebelum uang ditemukan sampai sesudah uang ditemukan adalah sebagai berikut:

a) Masa barter: Manusia melakukan pertukaran barang dengan barang tanpa menggunakan uang.
b) Penggunaan uang barang: Manusia mulai menggunakan barang-barang berharga seperti emas, perak, dan tembaga sebagai alat tukar.
c) Uang logam: Logam mulia seperti emas, perak, dan tembaga menjadi uang logam yang digunakan sebagai alat tukar.
d) Uang kertas: Uang kertas mulai digunakan untuk mengatasi keterbatasan penggunaan uang logam. 
e) Uang digital: Dengan kemajuan teknologi, uang digital muncul sebagai bentuk uang yang hanya ada dalam bentuk elektronik.

C. Kegiatan Jual Beli sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan
Pilihlah satu barang yang ada di sekitar kalian! Gambarkan alur perjalanan barang tersebut mulai dari pengolahan sampai ke penggunaan. Beri keterangan siapa yang terlibat dalam proses perjalanan tersebut. Jelaskan perannya dalam proses tersebut!

Jawaban:

Barang yang ada di sekitar saya adalah sebatang pensil. Berikut adalah alur perjalanan barang tersebut mulai dari pengolahan sampai ke penggunaan:
a) Pengolahan: Pensil dibuat dari bahan baku kayu dan grafit. Pohon-pohon kayu digunakan sebagai bahan utama pembuatan pensil. Kayu dipotong, dikeringkan, dan diolah menjadi bentuk pensil.

b) Produksi: Pabrik pensil atau pengrajin pensil memproduksi pensil dengan menggabungkan kayu dan grafit serta memberikannya bentuk dan ukuran yang sesuai.

c) Distribusi: Pensil didistribusikan ke toko-toko, pasar, atau tempat-tempat penjualan lainnya melalui jalur distribusi yang melibatkan agen, pedagang besar, dan pengecer.

d) Penjualan: Pensil dijual kepada konsumen di toko-toko. Konsumen membeli pensil sesuai kebutuhan mereka.

e) Konsumsi: Konsumen, seperti saya, menggunakan pensil untuk menulis, menggambar, atau mengerjakan tugas dan pekerjaan lainnya.

Dalam proses perjalanan tersebut, pohon-pohon kayu, pabrik pensil, distributor, pengecer, dan konsumen berperan dalam menghasilkan dan menggunakan pensil sebagai alat tulis.