Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 190 Topik C: Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 4 SD halaman 190 Topik C: Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan.

1. Menurut kalian, apa syarat terjadinya jual beli?
Jawaban: Syarat terjadinya jual beli adalah adanya penjual yang menawarkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh pembeli. Pembeli harus memiliki keinginan dan kemampuan untuk membeli barang atau jasa tersebut. Selain itu, harus ada persetujuan antara penjual dan pembeli mengenai harga dan kondisi barang yang akan dibeli.

2. Menurut kalian, bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak tersedia dari lingkungan sekitar kita?
Jawaban: Cara memenuhi kebutuhan yang tidak tersedia dari lingkungan sekitar kita adalah mencari barang atau jasa tersebut dari tempat lain yang menyediakannya. Misalnya, jika kita membutuhkan ikan di daerah yang jauh dari pantai, kita bisa mencarinya di pasar atau toko yang menjual ikan dari daerah pantai.

3. Apa saja proses yang terjadi pada kegiatan ekonomi yang ada di sekitar kalian?
Jawaban: Proses yang terjadi pada kegiatan ekonomi yang ada di sekitar saya adalah:
a. Kegiatan produksi: Barang dibuat atau dihasilkan oleh produsen, seperti pabrik sepatu, pengrajin anyaman, atau penjahit.
b. Kegiatan distribusi: Barang hasil produksi didistribusikan ke berbagai tempat oleh distributor, seperti agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer.
c. Kegiatan konsumsi: Barang tersebut digunakan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

4. Apakah kalian pernah berperan menjadi produsen, distributor, atau konsumen? Jelaskan!
Jawaban:Ya, saya pernah berperan menjadi konsumen. Sebagai manusia, saya telah berperan sebagai konsumen ketika membeli makanan atau barang-barang lain di pasar, minimarket, atau toko-toko lainnya.

5. Setelah mempelajari alur kegiatan ekonomi, bagaimana sebaiknya kalian bersikap terhadap barang-barang yang kalian pakai?
Jawaban: Setelah mempelajari alur kegiatan ekonomi, sebaiknya sikap saya terhadap barang-barang yang saya pakai adalah menggunakan barang tersebut dengan bijaksana dan bertanggung jawab, menghindari pemborosan, dan mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat. Saya harus menghargai usaha yang dilakukan oleh produsen dan distributor untuk menghadirkan barang tersebut ke tangan kita.

Comments