Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 185 Topik B: Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku?

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 4 SD halaman 185 Topik B: Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku?

1. Menurut kalian sebenarnya apa fungsi uang?
Jawaban: Fungsi uang adalah sebagai alat tukar yang digunakan oleh manusia untuk mempermudah perdagangan dan pertukaran barang serta jasa. Dengan adanya uang, kita tidak perlu lagi melakukan barter, yang mana bisa memperlancar kegiatan ekonomi.

2. Apa jenis uang yang beredar di sekitar kalian?
Jawaban: Jenis uang yang beredar di sekitar saya adalah uang kertas dan uang logam dari berbagai denominasi. Selain itu ada juga uang elektronik atau uang digital yang dapat digunakan dalam transaksi non-tunai.

3. Apa saja yang biasanya kalian lakukan dengan uang kalian?
Jawaban: Yang biasanya saya lakukan dengan uang adalah memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli makanan, membeli paket internet, dan berbelanja barang kebutuhan lainnya. Selain itu, saya juga menyisihkan sebagian uang untuk ditabung agar keuangan menjadi lebih aman dan berkembang di masa depan.

4. Mengapa kita harus berhati-hati dalam menerima dan mengeluarkan uang?
Jawaban: Kita harus berhati-hati dalam menerima dan mengeluarkan uang karena adanya potensi uang palsu yang bisa merugikan kita. Menerima uang palsu dapat menyebabkan kerugian, sementara mengeluarkan uang secara ceroboh bisa membuat kita kehilangan uang dengan sia-sia atau tidak memanfaatkannya secara bijaksana.

5. Bagaimana cara mengatur uang yang baik?
Jawaban: Cara mengatur uang dengan baik adalah:
  • Mencatat pengeluaran dan pendapatan secara rinci untuk mengetahui berapa total uang yang masuk dan keluar
  • Membuat anggaran dan alokasikan uang untuk berbagai keperluan seperti makanan, transportasi, data internet, dan tagihan.
  • Disiplin dalam mengikuti anggaran yang telah dibuat dan berusaha untuk hidup sesuai kemampuan finansial.
  • Menyimpan sebagian uang sebagai dana darurat atau tabungan untuk masa depan agar kita lebih siap menghadapi situasi tak terduga.