Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 176 Topik A: Aku dan Kebutuhanku


Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 4 SD halaman 176 Topik A: Aku dan Kebutuhanku.

1. Mengapa kalian memiliki kebutuhan?
Jawaban: Kami memiliki kebutuhan karena sebagai manusia, kami memiliki fungsi-fungsi biologis dan emosional tertentu yang harus dipenuhi agar tetap hidup, sehat, dan bahagia.

2. Apakah kebutuhan hidup kalian sama dengan kebutuhan hidup teman kalian/orang lain?
Jawaban: Tidak, kebutuhan hidup kami mungkin berbeda dengan kebutuhan hidup teman kami atau orang lain, karena setiap individu memiliki kebutuhan yang unik, tergantung pada latar belakang, budaya, lingkungan, dan keadaan pribadi masing-masing.

3. Apa hal yang menentukan bahwa kebutuhannya itu utama atau tidak?
Jawaban: Hal yang menentukan bahwa kebutuhannya itu utama atau tidak adalah tingkat kepentingannya dalam mendukung kelangsungan hidup, kesehatan, dan kesejahteraan individu tersebut. Misalnya, kebutuhan yang paling mendasar dan harus dipenuhi adalah kebutuhan primer, karena tanpa pemenuhan kebutuhan ini, kehidupan tidak dapat berjalan dengan baik.

4. Apakah kalian dapat memaksakan kebutuhan kalian kepada orang lain? Mengapa?
Jawaban: Tidak, kami tidak dapat memaksakan kebutuhan kami kepada orang lain, karena setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

5. Mana yang lebih utama kebutuhan atau keinginan? 
Jawaban: Kebutuhan lebih utama daripada keinginan, karena kebutuhan adalah hal-hal yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan dasar, sementara keinginan lebih berhubungan dengan hal-hal yang diinginkan, tetapi tidak selalu diperlukan untuk bertahan hidup.

6. Menurut kalian bagaimana caranya menentukan urutan kebutuhan dari masing-masing orang?
Jawaban: Cara menentukan urutan kebutuhan dari masing-masing orang adalah:
Berbicara dan memahami kebutuhan individu tersebut serta memprioritaskan kebutuhan primer terlebih dahulu, baru kemudian kebutuhan sekunder dan tersier, dengan mempertimbangkan tingkat urgensi dan kepentingannya bagi individu tersebut.