Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 170 Uji Pemahaman Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 4 SD halaman 170 Uji Pemahaman Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya.

1. Apa contoh kearifan lokal yang masih banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia?
Jawaban: Contoh kearifan lokal yang masih banyak digunakan oleh 
masyarakat di Indonesia antara lain adalah tradisi Marakka' Bola di masyarakat Bugis Barru, Sulawesi Selatan, di mana warga gotong royong membantu memindahkan rumah pemiliknya untuk menghindari bencana.

Selain itu, kearifan lokal juga dapat ditemukan dalam ritual adat, cara menanam, pengelolaan sumber daya alam, dan kepercayaan lokal seperti dalam kehidupan masyarakat di Papua yang menghormati alam sebagai bagian dari kehidupan manusia.

2. Ceritakan 2 provinsi lengkap dengan ragam budaya yang kalian ketahui atau yang menarik perhatian kalian! Ragam budaya bisa beraneka macam seperti sudah kalian pelajari. Buatlah dalam bentuk tabel, cerita, atau peta pikiran.
Jawaban: Provinsi yang saya ketahui atau yang menarik perhatian saya adalah:

Provinsi pertama yang menarik perhatian saya adalah Jawa Barat. Di provinsi ini, terdapat beragam budaya seperti wayang golek, tari jaipongan, serta tradisi makan nasi tumpeng dalam perayaan kebahagiaan.

Provinsi kedua yang menarik perhatian saya adalah Aceh. Di sini, terdapat budaya yang kaya, seperti tari saman, batik Aceh, dan rumah adat Aceh yang memiliki ciri khas unik.

3. Bagaimana sikap kalian terhadap keberagaman budaya di Indonesia?
Jawaban: Sikap saya terhadap keberagaman budaya di Indonesia adalah saya sangat menghargai dan mendukung keberagaman budaya di Indonesia. Selalu membuka pikiran, saling menghormati, dan bersedia belajar dari satu sama lain. Dengan sikap seperti ini, kita dapat membangun persatuan dan kesatuan yang kuat di Indonesia.

4. Sebagai pelajar, cara apa yang bisa kalian lakukan agar dapat membantu melestarikan keberagaman budaya di Indonesia?
Jawaban: Sebagai pelajar, cara yang bisa saya lakukan agar dapat 
membantu melestarikan keberagaman budaya di Indonesia adalah:
  • Aktif mengikuti dan mendukung kegiatan budaya tradisional di sekolah atau komunitas setempat.
  • Melakukan penelitian dan dokumentasi terhadap kebudayaan daerah kami, sehingga dapat diabadikan dan dipelajari oleh generasi mendatang.
  • Mengajarkan nilai-nilai kearifan lokal kepada teman-teman di sekolah agar mereka juga menghargai dan mencintai budaya Indonesia.
  • Mengenalkan budaya daerah kami kepada masyarakat luas, baik melalui acara sekolah, pameran budaya, atau media sosial.

Komentar