Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 162 Topik B: Kekayaan Budaya Indonesia

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 4 SD halaman 162 Topik B: Kekayaan Budaya Indonesia

1. Mengapa budaya Indonesia beraneka ragam?
Jawaban: Budaya Indonesia beraneka ragam karena negara kita ini memiliki banyak suku bangsa dan daerah yang berbeda. Setiap suku bangsa dan daerah memiliki tradisi, bahasa, adat istiadat yang berbeda-beda.

2. Mengapa perbedaan justru membuat Indonesia unik?
Jawaban: Perbedaan justru membuat Indonesia unik karena keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia membuat negara kita menjadi kaya dan indah.

3. Bagaimana dengan kondisi keragaman budaya di daerah kalian? 
Jawaban: Kondisi keragaman budaya di daerah saya di Sumatera Utara sangat menarik. Keanekaragaman Sumatera Utara juga mencakup aspek agama, bahasa, ras dan etnik, kesenian, dan lainnya. Kami hidup berdampingan dengan damai.

4. Faktor apa yang menyebabkan suku bangsa di daerah kalian berbeda dengan daerah lain?
Jawaban: Faktor yang menyebabkan suku bangsa di daerah kami berbeda dengan daerah lain adalah faktor sejarah, geografi, etnografinya yang unik, dan lain- lain.

5. Bagaimana sikap kalian dalam rangka menghargai keragaman suku bangsa di Indonesia sesuai dengan tujuan pembelajaran sebelumnya?
Jawaban: Sikap kami dalam rangka menghargai keragaman suku bangsa di Indonesia sesuai dengan tujuan pembelajaran sebelumnya adalah menjadi lebih terbuka terhadap keanekaragaman budaya, menghindari prasangka, dan menjunjung tinggi nilai persatuan dalam keragaman. Kami akan berusaha untuk saling menghormati, memahami, dan bekerja sama dengan semua suku bangsa untuk membangun negara yang lebih kuat dan harmonis.