Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 8 Topik A: Cahaya dan Sifatnya

Berikut adalah kunci jawaban IPAS kelas 5 SD halaman 8 Topik A: Cahaya dan Sifatnya.

1. Bagaimana perasaan kalian setelah mencoba menjadi ilmuwan?
Jawaban: Rasanya sangat menarik dan menyenangkan mencoba menjadi ilmuwan! Kami merasa sangat bersemangat untuk mengeksplorasi sifat-sifat cahaya dan mendesain percobaan kami sendiri.

2. Bagaimana perasaan kalian ketika teman kalian berhasil menebak sifat cahaya dari percobaan yang kalian siapkan? 
Jawaban: Tentu saja, kami merasa senang dan bangga ketika teman-teman kami berhasil menebak sifat cahaya dari percobaan yang kami siapkan. Rasanya seperti prestasi bersama karena kami berhasil membuat percobaan yang menarik dan bermanfaat.

3. Apa kesulitan yang kalian hadapi saat melakukan kegiatan ini? Bagaimana kalian mengatasinya?
Jawaban: Kesulitan yang kami hadapi saat melakukan kegiatan ini salah satunya adalah menentukan desain percobaan yang tepat. Tidak semua ide kami berhasil, dan kami harus mencoba beberapa kali untuk menemukan pendekatan yang sesuai. Untuk mengatasinya, kami berdiskusi lebih lanjut dengan guru kami dan bekerja sama untuk memperbaiki desain kami.

4. Apakah kalian puas terhadap hasilnya? Adakah yang ingin kalian perbaiki dari pekerjaan kelompok kalian?
Jawaban: Kami merasa cukup puas dengan hasilnya karena kami berhasil menemukan sifat-sifat cahaya melalui percobaan kami. Namun, masih ada ruang untuk perbaikan. Kami ingin membuat lebih banyak percobaan dan mencoba variasi yang berbeda untuk menggali lebih dalam tentang sifat cahaya.

5. Bagaimana cahaya merambat?
Jawaban: Cahaya merambat lurus dari sumbernya tanpa membutuhkan media seperti udara, air, atau benda padat.

6. Mengapa kalian memiliki bayangan? Dan mengapa bayangan tubuh kalian dapat berubah-ubah?
Jawaban: Kami memiliki bayangan karena cahaya dapat membentuk bayangan saat dihalangi oleh suatu benda. Bayangan tubuh kami dapat berubah-ubah karena posisi dan jaraknya terhadap sumber cahaya dan benda yang menghalangi cahaya.

7. Mengapa kalian bisa melihat bayangan di cermin?
Jawaban: Kami bisa melihat bayangan di cermin karena cahaya dipantulkan oleh permukaan cermin dan mencapai mata kami.

8. Bagaimana pelangi terbentuk? 
Jawaban: Pelangi terbentuk karena cahaya Matahari yang melewati tetesan air hujan dan kemudian diuraikan oleh tetesan-tetesan air itu. Cahaya yang diuraikan ini kemudian membentuk spektrum warna pelangi.

9. Apakah sifat cahaya yang paling sering kalian rasakan sehari-hari?
Jawaban: Sifat cahaya yang paling sering kami rasakan sehari-hari adalah kemampuannya untuk memantul dan memberi kita kemampuan melihat benda-benda di sekitar kita.

10. Bagaimana cahaya berperan terhadap penglihatan kita?
Jawaban: Cahaya berperan sangat penting terhadap penglihatan kita. Tanpa cahaya, kita tidak akan bisa melihat dunia di sekitar kita. Cahaya memantul dari benda dan mencapai mata kita, sehingga kita bisa melihat benda-benda tersebut. Cahaya juga membentuk bayangan, memberikan kita gambaran tentang bentuk dan ukuran benda, serta kita dapat melihat warna-warna indah di sekitar kita, termasuk pelangi.

Komentar