Kalian dan Shinta Berhasil Membuat Es Mangga! Kalian Mengambil Sepotong Es Mangga Dan Mulai Menikmatinya

Kalian dan Shinta berhasil membuat es mangga!

Kalian mengambil sepotong es mangga dan mulai menikmatinya. Tidak lama kemudian ibu Shinta memanggil dan meminta tolong Shinta untuk mengambil pakaian yang sedang dijemur. Shinta meletakkan es di dalam gelas yang ada di hadapan kalian.

Beberapa menit kemudian kalian melihat es mangga yang ada di gelas Shinta berubah menjadi cair. Shinta datang dan menangis karena esnya tidak padat lagi. Menurut kalian mengapa hal itu bisa terjadi? Coba jelaskan kepada Shinta mengapa bisa terjadi hal itu.

Jawaban:

Es mangga di dalam gelas Shinta berubah menjadi cair karena panas dari lingkungan sekitarnya membuat es mencair. Untuk menjaga es tetap padat, sebaiknya simpan di tempat yang dingin seperti freezer. Selamat menikmati es mangganya lagi!

Penjelasannya:

Halo! Shinta, perubahan es mangga yang ada di gelasmu menjadi cair bisa terjadi karena adanya perubahan suhu di sekitarnya.

Ketika kamu meletakkan es di dalam gelas dan meninggalkannya di luar, es akan mulai mencair karena panas dari lingkungan sekitarnya.

Es adalah benda padat yang terbuat dari air yang beku. Ketika es berada di dalam gelas dan terkena suhu dari lingkungan sekitarnya, panas akan mengalir ke es dan menyebabkan es mencair menjadi air.

Proses ini disebut sebagai pelarutan, di mana es menyerap panas dari lingkungan sekitarnya dan akhirnya berubah menjadi air.

Oleh karena itu, jika ingin menjaga es tetap padat dan tahan lebih lama, sebaiknya kamu menyimpannya di dalam freezer atau tempat yang dingin, jadi esnya tidak akan cepat mencair.

Jadi, nantinya kamu bisa menikmati es mangga yang segar dan padat lagi.

Jangan khawatir, Shinta. Semoga penjelasan ini membantu kamu memahami mengapa es mangga di dalam gelasmu berubah menjadi cair.

Jadi, untuk menikmati es yang tetap padat, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang dingin ya! Selamat menikmati es mangganya lagi!

Komentar