Indonesia Merupakan Satu-Satunya Negara Berkembang dalam Keanggotaan G20, Bersama 19 Negara Maju dan MEE


Indonesia merupakan satu-satunya negara berkembang dalam keanggotaan G20, bersama 19 negara maju dan MEE. Bagaimana peran yang perlu dilakukan Indonesia dalam G20 untuk pertumbuhan ekonomi dunia yang lebih merata?

Jawaban: Peran yang perlu dilakukan Indonesia dalam G20 untuk pertumbuhan ekonomi dunia yang lebih merata adalah sebagai berikut:
  1. Menyuarakan perspektif dan kebutuhan negara-negara lain yang sedang dalam proses pertumbuhan ekonomi. Hal ini membantu memastikan bahwa kebijakan dan langkah-langkah yang diambil dalam G20 memperhatikan tantangan dan peluang yang dihadapi oleh negara-negara yang sedang berkembang.
  2. Mendorong upaya untuk mengurangi kesenjangan ekonomi antara negara-negara maju dan berkembang. Dalam G20, Indonesia dapat mendorong inisiatif-inisiatif yang mendukung distribusi ekonomi yang lebih merata, termasuk dalam hal perdagangan, investasi, dan akses terhadap teknologi.
  3. Indonesia dapat berperan dalam membahas dan mempromosikan investasi dalam pembangunan infrastruktur dan konektivitas, baik di dalam negeri maupun di negara-negara berkembang lainnya.
  4. Sebagai anggota ASEAN, Indonesia dapat memperkuat kerjasama regional dan berkontribusi dalam upaya untuk meningkatkan stabilitas ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Di tingkat global, Indonesia dapat bekerja sama dengan anggota G20 untuk mengatasi tantangan ekonomi global, seperti volatilitas pasar keuangan dan fluktuasi harga komoditas.
  5. Indonesia dapat mempromosikan kebijakan dan inisiatif yang mendukung pertumbuhan dan pemberdayaan UKM, karena usaha kecil dan menengah memiliki potensi besar dalam menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi.
  6. Indonesia dapat memainkan peran dalam mendorong praktik pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di seluruh dunia. 

Comments