Coba Utarakan Pendapat Kalian, Apa Gunanya Diletakkan Es di Atas Kaca Arloji?

Coba utarakan pendapat kalian, apa gunanya diletakkan es di atas kaca arloji?

Jawaban:

Gunanya diletakkan es di atas kaca arloji adalah untuk membantu mendinginkan gas yang dihasilkan selama proses sublimasi menjadi kristal agar kita dapat melihat perubahan wujud tersebut dengan jelas.

Penjelasannya:

Dalam percobaan ini, meletakkan es di atas kaca arloji memiliki tujuan untuk mendinginkan dan mendinginkan gas yang dihasilkan dari kapur barus yang terbakar.

Ketika kapur barus terbakar, ia mengalami proses yang disebut sublimasi, yaitu berubah langsung dari bentuk padat menjadi gas tanpa melewati tahap cair.

Gas yang dihasilkan ini kemudian akan mendingin dan berubah kembali menjadi partikel padat, membentuk kristal di bagian bawah kaca arloji.

Dengan meletakkan es di atas kaca arloji, suhu di sekitar gas menjadi lebih rendah, sehingga memfasilitasi proses pembentukan kristal.

Es berfungsi sebagai sumber pendingin yang membantu mengubah gas yang dihasilkan dari kapur barus kembali menjadi partikel padat, sehingga kita dapat melihat hasil sublimasi dalam bentuk kristal yang terbentuk di bagian bawah kaca arloji.