Bagaimana magnet bisa menghasilkan gaya tolak-menolak? Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 77


Bagaimana magnet bisa menghasilkan gaya tolak-menolak?

Jawaban:

Magnet bisa menghasilkan gaya tolak-menolak karena sifat-sifatnya yang membuatnya tertarik pada kutub berlawanan dan menolak kutub yang sama.

Penjelasannya:

Jadi, Anda bisa membayangkan magnet sebagai sebuah benda yang memiliki sifat khusus yang membuatnya bisa menarik atau menolak benda lain yang juga bersifat magnetik. Dalam dunia magnet, ada dua kutub utama: kutub utara dan kutub selatan.

Ketika dua magnet didekatkan, kutub utara dari satu magnet akan menarik kutub selatan dari magnet lainnya. Itu berarti mereka akan saling tertarik seperti teman yang ingin bersatu. Begitu juga sebaliknya, kutub selatan dari satu magnet akan menarik kutub utara dari magnet lainnya.

Tapi, perhatikan baik-baik! Jika dua kutub yang sama bertemu, seperti kutub utara dengan kutub utara atau kutub selatan dengan kutub selatan, maka mereka akan saling menolak dengan keras. Hal ini seperti ketika dua orang yang tidak cocok bertemu dan tidak ingin berdekatan.

Inilah yang menyebabkan gaya tolak-menolak pada magnet. Ini semua terjadi karena medan magnetik yang dihasilkan oleh kutub-kutub magnetik. Medan magnetik ini menciptakan kekuatan yang membuat magnet bisa berinteraksi dengan benda-benda lainnya.

Comments