Apa yang Menyebabkan Udara Menghambat Benda Saat Jatuh? Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 88


Apa yang menyebabkan udara menghambat benda saat jatuh?

Jawaban:

Yang menyebabkan udara menghambat benda saat jatuh adalah karena adanya gesekan udara yang menghalangi pergerakan benda dan tekanan udara yang menyebabkan hambatan tambahan pada benda yang jatuh.

Penjelasannya:

Ketika benda jatuh, sebenarnya ada dua hal yang menyebabkan udara menghambat pergerakan benda tersebut. Yang pertama adalah gesekan udara, dan yang kedua adalah tekanan udara.

1. Gesekan Udara
Ketika benda bergerak melalui udara, udara akan bersentuhan dengan permukaan benda dan mencoba menghentikan pergerakannya.

Ini mirip dengan saat Anda menggerakkan tangan Anda melalui air, Anda merasakan hambatan air yang membuat gerakan Anda lebih lambat.

Begitu pula dengan benda yang jatuh, udara menimbulkan gaya hambatan yang membuat benda menjadi lambat dalam perjalanannya ke bawah.

2. Tekanan Udara
Saat benda jatuh, udara di depan benda akan terjepit karena benda itu bergerak cepat. Ketika udara terjepit, tekanan udara di bagian depan benda meningkat.

Sementara itu, di belakang benda, udara bisa mengisi ruang yang ditinggalkan oleh benda yang bergerak. Tekanan udara di belakang benda menjadi lebih rendah.

Perbedaan tekanan ini menyebabkan hambatan tambahan, seperti "menghentikan" benda agar tidak jatuh dengan cepat.

Ketika dua hal ini bekerja bersama-sama, yaitu gesekan udara dan tekanan udara, benda yang jatuh akan merasakan hambatan dari udara di sekitarnya, membuat benda menjadi tidak jatuh dengan kecepatan yang sama seperti ketika bergerak di ruang hampa tanpa udara. Inilah yang membuat kita merasa bahwa udara "menghambat" benda saat jatuh.

Comments