Apa saja benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet? Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 77


Apa saja benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet?

Jawaban:

Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda-benda magnetik seperti besi, baja, nikel, dan kobalt. Benda non-logam seperti plastik, kertas, dan kayu tidak tertarik oleh magnet.

Penjelasannya:

Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda-benda magnetik. Nah, benda magnetik itu sebenarnya bisa dibagi menjadi dua kelompok: ada benda yang sangat menarik magnet dan benda yang hanya sedikit menarik.

Benda yang sangat menarik magnet itu dinamakan benda ferromagnetik. Contohnya seperti besi, baja, nikel, kobalt, dan logam tertentu lainnya. Ketika kamu dekatkan magnet ke benda ferromagnetik, benda itu langsung terpaut pada magnet.

Sementara itu, benda yang hanya sedikit menarik magnet disebut benda paramagnetik. Tapi jangan khawatir, benda-benda ini masih bisa sedikit tertarik oleh magnet, meskipun tidak sekuat benda ferromagnetik. Contohnya seperti aluminium, tembaga, dan berbagai logam lainnya.

Namun, ada juga benda yang sama sekali tidak terpengaruh oleh magnet. Benda-benda seperti plastik, kertas, kayu, atau bahan-bahan non-logam lainnya tidak akan tertarik oleh magnet sama sekali.

Jadi, intinya, benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda-benda magnetik seperti besi, baja, nikel, kobalt, dan beberapa logam lainnya.

Comments