Tari Apakah yang Menggambarkan Seorang Putri di Taman Bunga? Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 80

Tari apakah yang menggambarkan seorang putri di taman bunga?

Jawaban:

Tari yang menggambarkan seorang putri di taman bunga adalah tari baksa kembang.

Penjelasan:

Tari baksa kembang adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari Desa Barikin di Kalimantan Selatan, Indonesia. Tarian ini menjadi khas desa tersebut dan biasanya dipentaskan dalam acara-acara besar sebagai bagian dari upacara atau perayaan.

Tarian ini dibawakan oleh para penari perempuan, dan yang menarik adalah jumlah penari selalu ganjil, seperti satu, tiga, atau lima penari. Penari menggunakan gerakan yang meliuk-liuk dan menggambarkan adegan seorang putri yang sedang bermain di taman bunga. Gerakan-gerakan mereka menirukan keanggunan dan keluwesan seorang putri dalam bermain di antara bunga-bunga yang indah.

Para penari mengenakan pakaian khas, biasanya berupa baju kebaya dan selendang yang memberikan sentuhan estetika klasik. Selain itu, mereka juga memakai kacamata hitam sebagai bagian dari aksesoris tari. Kacamata hitam ini menjadi ciri khas dari tari baksa kembang, dan memberikan kesan elegan dan anggun pada para penari.

Melalui tarian ini, masyarakat di Desa Barikin ingin melestarikan kekayaan budaya dan menghormati peran seorang putri dalam kehidupan sehari-hari. Tari baksa kembang juga mencerminkan keindahan alam dan lingkungan desa, khususnya kebun bunga yang menjadi tempat bermain sang putri. Tarian ini menjadi simbol keindahan, keanggunan, dan pesona alam, serta merupakan bentuk ekspresi seni dan tradisi masyarakat Kalimantan Selatan.

Komentar