Suatu Tarif yang Menggunakan Prosentase Semakin Besar untuk Nilai Objek yang Jumlahnya Makin Besar Pula disebut...


Suatu tarif yang menggunakan prosentase semakin besar untuk nilai objek yang jumlahnya makin besar pula disebut...
A. Tarif tetap
B. Tarif proporsional
C. Tarif progresif
D. Tarif degresi
E. Tarif sebanding

Jawaban:

Jawabannya adalah C. Tarif progresif.

Tarif progresif adalah suatu tarif yang menggunakan prosentase semakin besar untuk nilai objek yang jumlahnya makin besar pula. Dalam tarif ini, semakin tinggi nilai objek atau jumlah yang dikenai tarif, semakin tinggi pula persentase tarif yang dikenakan. Dengan demikian, tarif progresif memberikan beban pajak atau biaya yang lebih tinggi bagi nilai objek yang lebih besar.

Contoh yang umum dari tarif progresif adalah sistem pajak penghasilan di banyak negara. Dalam sistem ini, tarif pajak meningkat seiring dengan meningkatnya pendapatan. Pajak yang dikenakan pada pendapatan yang lebih tinggi akan lebih tinggi secara proporsional dibandingkan dengan pendapatan yang lebih rendah.

Pilihan A (Tarif tetap) tidak sesuai karena tarif tetap menggunakan jumlah tetap atau angka tetap untuk menentukan biaya atau tarif, tidak bergantung pada nilai objek yang dikenai tarif.

Pilihan B (Tarif proporsional) tidak sesuai karena tarif proporsional menggunakan prosentase yang sama untuk semua nilai objek, tidak mempertimbangkan peningkatan nilai objek.

Pilihan D (Tarif degresi) tidak sesuai karena tarif degresi menggunakan prosentase yang semakin kecil untuk nilai objek yang semakin besar. Dalam tarif degresi, persentase tarif menurun seiring dengan peningkatan nilai objek.

Pilihan E (Tarif sebanding) tidak sesuai karena tidak ada istilah tarif sebanding dalam konteks ini.

Comments