Seorang Manager Pemasaran Melakukan Presentasi Dihadapan Para Pimpinan Perusahaan dengan Menyampaikan Capaian Penjualan Periode Tahun 2022


Seorang Manager Pemasaran melakukan presentasi dihadapan para pimpinan perusahaan dengan menyampaikan capaian penjualan periode Tahun 2022.

Dalam menyampaikan presentasi manager tersebut berbicara dengan jelas dan terarah.

Komunikasi sangat lancar dan jelas sehingga pimpinan perusahaan menyimak dengan baik apa yang dijelaskan.

Disamping itu manager tersebut menggunakan penyajian gambar, grafik, bagan atau tata warna tertentu, serta audio-visual dalam presentasinya yang disajikan dalam bentuk animasi yang menggunakan tatawarna dan tata-suara.

Semakin menarik presentasi yang disajikan sang Manager tersebut.

Pertanyaan

a. Pada kasus diatas, Manager Pemasaran menggunakan 2 tipe komunikasi saat melakukan presentasi capaian penjualan periode Tahun 2022. Uraikan tipe-tipe komunikasi tersebut

b. Jelaskan keunggulan yang diperoleh dengan penyampaian melalui 2 tipe komunikasi tersebut

Jawaban:

Manajer Pemasaran yang cerdas selalu berusaha untuk menyampaikan presentasinya dengan cara yang efektif agar para pimpinan perusahaan dapat dengan mudah memahami capaian penjualan periode Tahun 2022. Dalam kasus ini, Manajer Pemasaran tersebut menggunakan dua tipe komunikasi yang berbeda untuk menyampaikan presentasinya, yaitu:

a. Tipe-tipe Komunikasi yang Digunakan oleh Manajer Pemasaran:

1. Komunikasi Verbal:
Komunikasi verbal adalah jenis komunikasi yang dilakukan melalui kata-kata dan bahasa lisan.

Dalam presentasi, Manajer Pemasaran menggunakan komunikasi verbal dengan berbicara jelas dan terarah kepada para pimpinan perusahaan.

Dia menjelaskan capaian penjualan dengan menggunakan kalimat yang mudah dimengerti dan menghindari penggunaan istilah teknis yang rumit.

Dengan komunikasi verbal yang baik, para pimpinan perusahaan dapat dengan baik memahami apa yang dijelaskan oleh Manajer Pemasaran.

2. Komunikasi Visual:
Komunikasi visual melibatkan penggunaan gambar, grafik, bagan, dan tata warna tertentu untuk menyampaikan pesan.

Dalam presentasinya, Manajer Pemasaran menggunakan komunikasi visual dengan menyajikan data penjualan dalam bentuk gambar, grafik, dan bagan yang mudah dipahami.

Dia juga menggunakan tata warna yang tepat untuk membedakan data yang berbeda dan menyoroti poin-poin penting.

Selain itu, dia juga menggunakan elemen audio-visual dalam presentasinya, seperti animasi dengan tata warna dan tata suara yang menarik.

Dengan menggunakan komunikasi visual, presentasi yang disampaikan oleh Manajer Pemasaran menjadi lebih menarik dan mudah diikuti oleh para pimpinan perusahaan.

b. Keunggulan Penyampaian Melalui Dua Tipe Komunikasi Tersebut:

1. Komunikasi Verbal:
Keunggulan utama dari komunikasi verbal adalah kemampuannya untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan terarah.

Dengan berbicara secara jelas dan menghindari penggunaan istilah teknis yang rumit, Manajer Pemasaran dapat memastikan bahwa para pimpinan perusahaan memahami dengan baik apa yang dia sampaikan.

Komunikasi verbal yang baik juga memungkinkan adanya interaksi langsung antara Manajer Pemasaran dan para pimpinan perusahaan, sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan umpan balik secara langsung.

2. Komunikasi Visual:
Keunggulan komunikasi visual terletak pada kemampuannya untuk menyajikan informasi secara visual dan mudah dipahami.

Dengan menggunakan gambar, grafik, dan bagan, Manajer Pemasaran dapat dengan efektif menyampaikan data penjualan kepada para pimpinan perusahaan.

Komunikasi visual juga membantu dalam memvisualisasikan tren dan pola dalam data penjualan, sehingga memudahkan para pimpinan perusahaan untuk melihat dan memahami informasi tersebut.

Penggunaan elemen audio-visual, seperti animasi dengan tata warna dan tata suara yang menarik, membuat presentasi menjadi lebih menarik dan memikat perhatian para pimpinan perusahaan.

Dengan menggunakan kedua tipe komunikasi ini, Manajer Pemasaran dapat menyampaikan presentasi yang efektif dan memastikan bahwa capaian penjualan periode Tahun 2022 dapat dipahami dengan baik oleh para pimpinan perusahaan.

Comments