Sebutkan Nama-Nama Desa yang Diceritakan di Atas dan Nama Tarian Masing-Masing! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 80


Sebutkan nama-nama desa yang diceritakan di atas dan nama tarian masing-masing!

Jawaban:

Berikut nama-nama desa yang diceritakan di atas dan nama tariannya masing-masing:

1. Desa Olehsari di Banyuwangi, Jawa Timur, nama tarian "Seblang".
2. Desa Cempaga di Bali, nama tarian "Baris".
3. Desa Barikin di Kalimantan Selatan, nama tarian "Baksa Kembang".
4. Desa Situraja di Jawa Barat, nama tarian "Umbul".
5. Desa Gigieng di Aceh, nama tarian "Seudati".

Penjelasan:

1. Desa Olehsari, Banyuwangi, Jawa Timur - Tari Seblang
Tari Seblang dilakukan setiap tahun dan dipercayai dapat melindungi desa dari bahaya. Penarinya biasanya wanita dewasa yang wajahnya ditutupi daun kelapa. Dalam tarian ini, para penari memperagakan kegiatan membajak sawah sambil menggendong boneka dan mengikuti irama musik.

2. Desa Cempaga, Bali - Tari Baris
Tari Baris dibawakan oleh laki-laki dewasa. Gerakannya menirukan pemuda gagah berani yang menerjang medan perang. Tari Baris dibagi menjadi dua jenis, yaito "Tari Jojor" yang dibawakan oleh seorang penari, dan "Tari Dadap" yang dilakukan oleh kelompok penari.

3. Desa Barikin, Kalimantan Selatan - Tari Baksa Kembang
Tari Baksa Kembang dibawakan oleh penari perempuan dalam jumlah ganjil seperti satu, tiga, atau lima penari. Gerakannya meliuk-liuk dan menggambarkan seorang putri yang sedang bermain di taman bunga. Tarian ini sering dipentaskan dalam acara besar.

4. Desa Situraja, Jawa Barat - Tari Umbul
Tari Umbul ditarikan oleh perempuan berkebaya, berselendang, dan memakai kacamata hitam. Gerakannya gemulai, menggoyangkan badan, dan sedikit menirukan gerakan pencak silat. Pesan dari tarian ini adalah bahwa perempuan juga bisa menjaga diri dengan ilmu bela diri.

5. Desa Gigieng, Aceh - Tari Seudati
Tari Seudati bukan hanya pertunjukan hiburan tetapi juga sebagai sarana dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam. Tari ini dibawakan oleh delapan pemuda dan gerakannya menggambarkan seorang syekh bersama para pembantunya.

Comments