Pernahkah Kalian Mengalami Kejadian Seperti Itu? Ceritakanlah! Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 56


Pernahkah kalian mengalami kejadian seperti itu? Ceritakanlah!

Jawaban singkat:

Ya, saya pernah mengalami kejadian serupa seperti yang dialami Rudi dalam cerita. Saat bersepeda menuju sekolah, saya hampir bertabrakan dengan pengendara sepeda motor karena kurang berhati-hati. Kejadian itu membuat saya sadar akan pentingnya keselamatan di jalan raya dan sejak itu saya selalu mengenakan helm dan lebih berhati-hati saat berkendara.

Jawaban panjang:

Ya, saya pernah mengalami kejadian seperti itu? Begini ceritanya:

Ya, pernah suatu kali saya mengalami kejadian yang mirip. Ketika itu, saya sedang bersepeda menuju sekolah. Seperti Rudi dalam cerita tadi, saya juga berangkat lebih pagi untuk mengikuti kegiatan piket. Tugas saya adalah membersihkan kelas setelah semua siswa berkumpul di halaman sekolah.

Saat itu, suasana pagi begitu sepi dan jalan di depanku terlihat cukup kosong. Saya terburu-buru dan tak sabar menunggu lampu lalu lintas berganti hijau. Namun, ketika lampu kuning mulai menyala, saya tahu saya harus siap-siap berhenti. Saya sempat mengamati sekeliling dan tidak ada kendaraan yang mendekati dari sebelah kanan dan kiri.

Ketika lampu lalu lintas berubah hijau, tanpa berpikir panjang, saya mengayuh pedal dengan cepat. Tiba-tiba, ada sebuah klakson yang sangat keras mengagetkan saya. Seorang pengendara sepeda motor tiba-tiba muncul di depan saya dengan kecepatan tinggi. Saya panik dan mengerem sekuat mungkin, dan untungnya kami berhasil menghindari tabrakan. Pengendara sepeda motor itu pun akhirnya terjatuh, tetapi alhamdulillah, dia tidak terluka.

Saya merasa sangat bersalah dan menyesal atas kelancangan saya yang hampir menyebabkan kecelakaan. Pengendara sepeda motor itu dengan marah mengingatkan saya untuk lebih berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas. Dia benar, kami sama-sama tidak menggunakan helm, yang tentunya sangat berbahaya. Seorang ibu yang melihat kejadian itu juga ikut menenangkan kami dan memberi nasehat agar lebih berhati-hati di jalan.

Kejadian itu membuat saya merasa takut dan sadar betapa pentingnya keselamatan di jalan raya. Sejak itu, saya selalu berusaha lebih berhati-hati saat berkendara dan selalu mengenakan helm sebagai tindakan pencegahan. Kejadian tersebut menjadi pelajaran berharga bagi saya, bahwa kelalaian kecil di jalan bisa berakibat fatal. Semoga tidak ada lagi kejadian serupa dan kita semua selalu waspada dan mengutamakan keselamatan saat berlalu lintas.

Comments