Perhatikan Kembali Cerita “Garuk-Garuk” di Atas. Perhatikan Masalah yang di Alami Tokoh-Tokohnya - Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 186


Perhatikan kembali cerita “Garuk-Garuk” di atas. Perhatikan masalah 
yang dialami tokoh-tokohnya. Setelah itu, salin dan lengkapi tabel berikut ini ke buku tulis kalian.

1. Judul Cerita:
2. Tokoh Utama:
3. Tokoh Pendukung:
4. Hal yang diinginkan atau tidak diinginkan tokoh utama:
5. Alasan tokoh menginginkannya:
6. Tindakan yang dilakukan tokoh untuk mencapai keinginannya:
7. Hal yang membuat tokoh tidak mendapatkan keinginannya:
8. Apakah tokoh berhasil mencapai keinginannya? Jelaskan.:

Jawaban:

1. Judul Cerita: Garuk-Garuk

2. Tokoh Utama: Kidul

3. Tokoh Pendukung: Pahmi, Sagoy, Kak Asih, Ibu Pahmi, Dokter Tuti

4. Hal yang diinginkan atau tidak diinginkan tokoh utama: Kidul ingin terbebas dari Kak Asih yang cerewet menyuruhnya mandi dan ingin menikmati bermain dan makan di rumah Pahmi tanpa gangguan.

5. Alasan tokoh menginginkannya: Kidul tidak suka mandi dan merasa bebas dari Kak Asih ketika berada di rumah Pahmi yang menyuguhkan makanan lezat dan tempat bermain yang menyenangkan.

6. Tindakan yang dilakukan tokoh untuk mencapai keinginannya: Kidul bermain dan menikmati makanan di rumah Pahmi untuk menghindari mandi. Dia juga berusaha mengalihkan perhatian dengan makan rempeyek, tetapi akhirnya mengalami reaksi alergi karena mengonsumsi udang papai.

7. Hal yang membuat tokoh tidak mendapatkan keinginannya: Reaksi alergi yang dialami Kidul membuatnya harus pulang dan akhirnya pergi ke dokter. Dokter Tuti memberitahu bahwa gatal-gatalnya disebabkan oleh alergi terhadap udang papai, sehingga Kidul tetap harus mandi untuk menjaga kebersihan dan menghindari infeksi.

8. Apakah tokoh berhasil mencapai keinginannya? Jelaskan: Tokoh utama, Kidul, awalnya berhasil terbebas dari Kak Asih dan menikmati waktu di rumah Pahmi. Namun, reaksi alergi yang dialami karena makan udang papai membuatnya akhirnya harus mandi juga. Jadi, Kidul tidak berhasil sepenuhnya mencapai keinginannya untuk tidak mandi, tetapi ia belajar pentingnya mandi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya.

Comments