Penentuan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang Ibu dan Bapak lakukan Selama Ini


Bagaimana penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang ibu dan bapak lakukan selama ini? Simak jawaban dan penjelasan berikut ini.

Penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan langkah penting dalam proses pendidikan.

Bagaimana kita menilai apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan?

Berikut adalah penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang bisa ibu dan bapak lakukan.

Ketika kita berbicara tentang tujuan pembelajaran, kita sebenarnya berbicara tentang apa yang diharapkan siswa ketahui, pahami, dan mampu lakukan setelah mengikuti proses belajar.

Tujuan pembelajaran dapat berbeda-beda tergantung pada mata pelajaran atau bidang studi yang sedang dipelajari.

Pertama, ibu dan bapak perlu memahami dengan jelas tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh guru atau sekolah.

Tujuan ini biasanya dijelaskan dalam kurikulum atau rencana pembelajaran.

Misalnya, jika siswa Anda sedang mempelajari matematika, tujuan pembelajaran mungkin adalah agar mereka dapat menguasai operasi hitung dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Setelah Anda memahami tujuan pembelajaran yang diharapkan, langkah berikutnya adalah menentukan kriteria ketercapaiannya.

Kriteria ini akan membantu Anda menilai apakah siswa Anda telah mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menentukan kriteria ketercapaian ini.

Pertama, Anda dapat melihat dari segi pengetahuan.

Apakah siswa Anda telah memahami konsep-konsep yang diajarkan?

Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah untuk memahami konsep pecahan, Anda dapat menilai apakah siswa Anda mampu menjelaskan apa itu pecahan, bagaimana cara menyederhanakan pecahan, atau bagaimana melakukan operasi pecahan seperti penjumlahan atau pengurangan.

Kedua, Anda dapat melihat dari segi keterampilan.

Apakah siswa Anda mampu menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari? Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah agar siswa Anda mampu menghitung luas sebuah persegi, Anda dapat memberikan beberapa soal praktis yang melibatkan perhitungan luas persegi dan melihat apakah siswa Anda dapat menyelesaikannya dengan benar.

Selain itu, Anda juga dapat melihat dari segi sikap dan nilai.

Tujuan pembelajaran tidak hanya tentang pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga tentang membentuk sikap dan nilai yang positif pada siswa.

Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan sikap kerja sama dalam kelompok, Anda dapat mengamati apakah siswa Anda dapat bekerja sama dengan baik dalam proyek kelompok atau apakah mereka dapat mendengarkan pendapat orang lain dengan baik.

Dalam menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, anda harus memiliki harapan yang realistis sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri atau pada siswa Anda.

Setiap siswa memiliki kecepatan belajar dan kemampuan yang berbeda.

Jadi, jawaban bagaimana penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang ibu dan bapak lakukan selama ini? adalah sebagai berikut: 

Penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran melibatkan pemahaman yang jelas tentang tujuan pembelajaran dan kemampuan siswa dengan menentukan kriteria berdasarkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang ingin kita lihat pada murid.

Comments