Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Printer Bertugas Untuk Mencetak Dokumen yang Dikirimkan Dari Sebuah Komputer. Satu Buah Printer Dapat Terhubung Ke Beberapa Buah Komputer Sekaligus, dan Semuanya Dapat Mengirim Perintah Kepada Printer Tersebut Untuk Mencetak Dokumen yang Berbeda-Beda

Mesin printer bertugas untuk mencetak dokumen yang dikirimkan dari sebuah komputer. Satu buah printer dapat terhubung ke beberapa buah komputer sekaligus, dan semuanya dapat mengirim perintah kepada printer tersebut untuk mencetak dokumen yang berbeda-beda. Printer tersebut tentunya hanya bisa mencetak satu buah dokumen dalam satu waktu tertentu, dan mungkin membutuhkan beberapa detik/menit untuk menyelesaikan proses cetak satu dokumen. Oleh karena itu, ketika printer sedang sibuk mencetak sebuah dokumen dari sebuah komputer, kemudian datang permintaan mencetak dari beberapa komputer yang lain (yang berbeda). Printer tersebut harus menyimpan dokumen-dokumen yang baru datang tersebut  agar nanti dapat dicetak ketika proses pencetakan yang sedang berjalan saat ini sudah selesai. Manakah yang lebih tepat digunakan, stack atau queue untuk penyimpanan dokumen-dokumen yang sedang “menunggu giliran” untuk dicetak tadi?

Jawaban:

Yang lebih tepat digunakan untuk penyimpanan dokumen-dokumen yang sedang “menunggu giliran” untuk dicetak tadi adalah queue.

Queue merupakan struktur data yang bekerja berdasarkan prinsip FIFO (First-In-First-Out), yang berarti elemen yang pertama kali dimasukkan ke dalam queue akan menjadi elemen pertama yang keluar. Dalam konteks ini, dokumen-dokumen yang baru datang akan dimasukkan ke dalam queue secara berurutan sesuai dengan urutan kedatangan, dan mereka akan tetap berada di antrian sampai giliran mereka tiba untuk dicetak.

Dengan menggunakan queue, printer akan mencetak dokumen sesuai dengan urutan kedatangan permintaan cetak. Jika ada beberapa komputer yang mengirim permintaan cetak, dokumen-dokumen dari komputer pertama yang mengirimkan permintaan akan dicetak terlebih dahulu sebelum komputer lainnya. Dokumen-dokumen yang baru datang akan ditambahkan ke dalam antrian (queue) dan akan menunggu giliran mereka untuk dicetak setelah dokumen yang sedang dicetak saat ini selesai.

Hal ini memastikan bahwa dokumen-dokumen yang masuk lebih dulu akan dicetak terlebih dahulu, sehingga adil bagi semua komputer yang mengirimkan permintaan cetak. Selain itu, dengan menggunakan prinsip FIFO, queue juga memastikan bahwa urutan cetak akan konsisten dan tidak ada dokumen yang terlewatkan.

Dalam konteks ini, stack tidak akan menjadi pilihan yang tepat karena stack bekerja berdasarkan prinsip LIFO (Last-In-First-Out), yang berarti elemen terakhir yang dimasukkan akan menjadi elemen pertama yang keluar. Jika kita menggunakan stack, maka dokumen terakhir yang masuk akan dicetak terlebih dahulu, bukan dokumen yang sudah lama menunggu.

Dengan demikian, untuk mengatur antrian cetak pada printer dalam skenario tersebut, penggunaan queue adalah pilihan yang lebih relevan dan tepat.