Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menurut Pendapat Kalian, Apakah Udara Menempati Ruang? Apa Buktinya? Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 45

Menurut pendapat kalian, apakah udara menempati ruang? Apa buktinya?

Jawaban:

Iya, udara menempati ruang karena dalam percobaan, udara masuk ke dalam botol ketika balon ditiupkan melalui lubang kecil. Buktinya adalah hal ini menyebabkan balon mengembang dan mendorong botol kosong yang ada di depannya. Udara juga keluar dari lubang ketika botol ditiupkan, sehingga balon mengempis.

Penjelasannya:

Menurut pendapat saya, ya, udara menempati ruang. Bukti dari percobaan di atas dapat diamati melalui perubahan ukuran balon ketika ditiup melalui mulut botol yang tertutup.

Pada tahap percobaan nomor 2, ketika balon ditiup melalui mulut botol yang tertutup, balon tidak bisa mengembang karena udara dalam botol tertutup tidak bisa keluar.

Namun, pada tahap percobaan nomor 4, setelah lubang kecil dibuat di dinding bawah botol, balon dapat mengembang ketika ditiup.

Ini menunjukkan bahwa udara dari luar botol masuk melalui lubang kecil dan mengisi ruang di dalam botol, sehingga menyebabkan balon mengembang.

Pada tahap percobaan nomor 5, ketika botol kosong diletakkan di depan lubang botol yang sudah dibuat, botol kosong bergeser ketika balon ditiup melalui lubang kecil pada botol.

Hal ini menunjukkan bahwa udara yang ditiupkan oleh balon keluar dari lubang kecil dan mendorong botol kosong yang ada di depannya.

Begitu juga dengan percobaan pada tahap nomor 8, ketika botol plastik diletakkan di depan lubang botol lainnya yang sudah dibuat.

Botol tersebut juga bergeser akibat udara yang keluar dari lubang kecil saat balon ditiup.

Selain itu, pada tahap percobaan nomor 6 dan nomor 9, ketika botol ditiup melalui lubang kecil yang sudah dibuat, balon akan mengempis.

Ini menunjukkan bahwa udara dalam botol keluar melalui lubang kecil ketika botol ditiup, menyebabkan balon mengempis.

Dari hasil percobaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa udara memiliki massa dan dapat mengisi ruang kosong di dalam botol, serta dapat bergerak dan mendorong objek lain seperti botol kosong. Oleh karena itu, dapat dianggap bahwa udara menempati ruang.