Menurut Kalian, Mengapa Penulis Memilih Tokoh Hewan Dalam Cerita Ini? Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 111


Menurut kalian, mengapa penulis memilih tokoh hewan dalam cerita ini?

Jawaban:

Menurut saya, penulis memilih tokoh hewan dalam cerita ini agar lebih mudah dipahami, menarik, dan memberikan pelajaran moral dengan cara yang menyenangkan.

Penjelasannya:

Menurut pendapat saya, penulis memilih tokoh hewan dalam cerita ini karena menggunakan hewan sebagai karakter mempermudah kita untuk memahami pesan dan pelajaran yang ingin disampaikan.

Dengan menggunakan hewan, cerita ini menjadi lebih menghibur dan menarik bagi pembaca, terutama anak-anak, karena hewan-hewan memiliki sifat dan karakteristik yang khas dan sering kali bisa mewakili sifat manusia.

Selain itu, melibatkan tokoh hewan dalam cerita memberikan kemudahan dalam menggambarkan berbagai situasi dan masalah yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, pertukaran barang di pasar hewan menjadi analogi untuk kegiatan barter yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupan nyata.

Tokoh hewan juga memungkinkan penulis untuk mengajarkan nilai-nilai dan pelajaran moral dengan cara yang menyenangkan dan tidak terlalu serius.

Misalnya, hewan-hewan dalam cerita ini belajar bekerja sama, menemukan solusi untuk masalah, dan menyadari pentingnya mencari jalan keluar dari situasi sulit.

Pembaca dapat mengambil pelajaran dari cerita ini, seperti arti pentingnya kerjasama, kreativitas, dan saling menghargai.

Selain itu, pilihan tokoh hewan juga memberikan kebebasan dalam mengembangkan karakter masing-masing hewan dengan ciri khasnya.

Sehingga, pembaca bisa dengan mudah terhubung dengan tokoh-tokoh tersebut dan merasa terlibat dalam perjalanan cerita mereka.

Comments