Menurut Kalian, Apa Tujuan Penulis Membuat Cerita “Ditukar dengan Apa?” Tersebut?

Menurut kalian, apa tujuan penulis membuat cerita tersebut? Mana jawaban yang menurut kalian benar?
A. Penulis ingin menceritakan kejadian ajaib yang dilihatnya.
B. Penulis ingin menyampaikan bahwa hewan-hewan juga memakai uang.
C. Penulis ingin menggambarkan kejadian yang dialami manusia terkait asal mula munculnya uang dengan membuat perumpamaan pada hewan.
D. Atau kalian punya pendapat lain? Kemukakan pendapat kalian.

Jawaban:

C. Penulis ingin menggambarkan kejadian yang dialami manusia terkait asal mula munculnya uang dengan membuat perumpamaan pada hewan.

Penjelasannya:

Dalam cerita tersebut, penulis menggunakan hewan-hewan di Hutan Kelayau untuk menggambarkan proses asal mula munculnya uang dan permasalahan yang terjadi dalam sistem barter.

Hewan-hewan tersebut bertukar barang hasil kebun atau barang yang mereka punya, namun mereka menghadapi masalah saat mencari barang yang mereka inginkan.

Oleh karena itu, mereka mencari solusi dengan membuat alat pembayaran yang disebut "uang" berupa uang kayu dengan ukuran dan angka yang berbeda.

Perumpamaan ini mencerminkan evolusi sistem perdagangan manusia dari barter menuju penggunaan alat pembayaran yang lebih efisien, yaitu uang.

Selain itu, cerita ini juga menyampaikan pesan bahwa uang memudahkan proses pertukaran dan perdagangan barang, meskipun juga dapat menimbulkan beberapa permasalahan yang perlu diatasi.

Dengan menggunakan hewan-hewan sebagai tokoh dalam cerita, penulis memberikan pendekatan yang lebih mudah dimengerti dan menarik bagi pembaca untuk memahami bagaimana uang menjadi alat pembayaran yang penting dalam kehidupan manusia.

*** Artikel diatas adalah soal dan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 4 SD Halaman 111.

Komentar