Mengapa Tanaman Kak Tiur Tidak Boleh Sering Disiram? Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 30-31

Mengapa tanaman Kak Tiur tidak boleh sering disiram?

Jawabannya:

Tanaman Kak Tiur tidak boleh sering disiram karena tanaman sukulen bisa menyimpan air dalam daunnya. Jika sering disiram, akar dan batang tanaman bisa membusuk dan menyebabkan kerusakan serta kematian pada tanaman tersebut.

Penjelasan:

Tanaman Kak Tiur tidak boleh sering disiram karena ia memiliki jenis tanaman yang disebut "sukulen." Tanaman sukulen memiliki karakteristik khusus, terutama pada bagian daunnya. Daun sukulen biasanya tebal, berdaging, dan memiliki kemampuan untuk menyimpan air di dalamnya.

Ketika tanaman sukulen disiram terlalu sering, akar dan bagian lain dari tanaman tidak bisa mengeluarkan air berlebih dengan cepat. Sebagai akibatnya, air yang terperangkap dalam tanaman dapat menyebabkan akar dan batang membusuk. Kondisi ini sangat merugikan tanaman, karena membusuknya akar akan mengganggu proses penyerapan air dan nutrisi, menyebabkan tanaman menjadi lemah, layu, dan akhirnya bisa mati.

Sebaliknya, tanaman sukulen lebih disukai lingkungan dengan tanah yang kering dan jarang disiram. Karakteristik daun yang mampu menyimpan air memungkinkan tanaman ini untuk bertahan hidup dalam kondisi kekeringan dan kurang air. Tanaman sukulen dapat menggunakan cadangan air yang disimpan di daunnya saat kondisi lingkungan tidak mendukung pasokan air yang cukup.

Oleh karena itu, Kak Tiur memberikan penjelasan kepada Tigor bahwa tanaman sukulen, seperti yang dimilikinya, harus disiram dengan bijaksana dan tidak terlalu sering. Dengan cara ini, tanaman sukulen dapat tetap sehat, tumbuh subur, dan berfungsi dengan baik dalam menyimpan air serta menghadapi kondisi lingkungan yang kering atau panas.

Komentar