Mengapa Lilin Dapat Kembali Menjadi Padat Setelah Didinginkan? Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 SD Halaman 50


Mengapa lilin dapat kembali menjadi padat setelah didinginkan?  

Jawaban:

Lilin dapat kembali menjadi padat setelah didinginkan karena perubahan yang terjadi pada lilin adalah perubahan fisik, bukan perubahan kimia. Ketika lilin meleleh, akan mengalami perubahan wujud dari padat menjadi cair karena panas, dan ketika lilin didinginkan, akan kembali menjadi padat karena suhu turun.

Penjelasannya:

Lilin dapat kembali menjadi padat setelah didinginkan karena perubahan wujud yang terjadi pada lilin adalah perubahan fisik, bukan perubahan kimia.

Ketika lilin dinyalakan dan mendekati nyala api, panas dari api menyebabkan lilin meleleh dan berubah menjadi wujud cair. Hal ini terjadi karena suhu di sekitar lilin melebihi titik leleh lilin.

Namun, ketika api padam dan lilin didinginkan, suhu di sekitarnya turun dan menjadi lebih rendah dari titik leleh lilin.

Kondisi ini menyebabkan lilin yang tadinya berwujud cair akan mengalami perubahan fisik kembali, yaitu menjadi padat lagi.

Molekul-molekul lilin dalam wujud cair mendapatkan energi yang lebih rendah ketika suhu menurun, sehingga molekul-molekul itu bergabung kembali membentuk struktur padat seperti semula.

Dalam hal ini, perubahan wujud dari padat menjadi cair saat lilin meleleh dan dari cair kembali menjadi padat saat lilin didinginkan adalah contoh dari fenomena fisika yang disebut perubahan fasa.

Perubahan fasa ini terjadi karena perbedaan suhu di sekitar lilin yang mempengaruhi keadaan zat tersebut.

Comments