Mengapa Lala kesal kepada Kiki? Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 6

Mengapa Lala kesal kepada Kiki?

Jawaban:

Lala kesal kepada Kiki karena Kiki mengenakan baju kesukaannya yang berwarna biru polkadot.

Penjelasannya:

Dalam cerita, Lala baru pulang sekolah dan merasa panas, kemudian ingin minum air dingin.

Ketika adiknya, Kiki, menawarkan segelas air, Lala merasa Kiki baik dan mungkin berharap bahwa Kiki akan menghargai barang-barang miliknya.

Namun, ketika Lala melihat Kiki memakai baju biru polkadot kesukaannya, perasaan kesal muncul.

Rasa kesal Lala timbul karena beberapa alasan:

1. Baju tersebut adalah favorit Lala, dan barang tersebut memiliki nilai sentimental bagi Lala. Baju tersebut mungkin punya kenangan atau cerita khusus bagi Lala, sehingga melihat adiknya memakainya tanpa izin membuatnya merasa tidak nyaman.

2. Bagi Lala, baju tersebut adalah miliknya. Meskipun Lala jarang memakainya, Lala masih merasa bahwa itu adalah hak miliknya dan tidak seharusnya diambil oleh orang lain, termasuk adiknya sendiri.

3. Lala mungkin merasa bahwa Kiki tidak menghargai barang-barang pribadinya karena tidak mengajukan izin sebelum mengambil dan memakai baju tersebut.

Namun, setelah insiden baju sobek dan Lala menyadari bahwa baju itu sudah kekecilan baginya, Lala akhirnya mengerti bahwa dia telah tumbuh dan baju tersebut tidak lagi cocok untuknya.

Akhirnya, Lala dengan bijak mengizinkan Kiki untuk memakai baju itu, dan bahkan setuju untuk menjahitnya agar pas untuk adiknya.

Hal ini menunjukkan bahwa Lala belajar untuk berbagi dan mengerti bahwa ada saatnya untuk melepaskan barang-barang kesayangannya agar bisa memberi kebahagiaan pada orang lain, seperti adiknya Kiki.

Komentar