Melakukan Wawancara dengan Teman yang Pernah Memenangi Lomba Membaca Puisi


Lakukan wawancara dengan orang di sekitar kalian yang ingin kalian ketahui pengalamannya. Kalian boleh menjadikan teman yang pernah memenangi lomba membaca puisi, sebagai narasumber.

Ikuti langkah-langkah persiapan wawancara. Persiapkan daftar pertanyaan seperti di bawah ini. Setelah kalian melakukan wawancara, tuliskanlah hasilnya berupa laporan wawancara.

Jawaban:

A. Berikut adalah daftar pertanyaan dan jawaban wawancara dengan Kak Naomi, teman yang pernah memenangi lomba membaca puisi:

Pertanyaan 1:
Halo, Kak Naomi! Selamat atas kemenanganmu dalam lomba membaca puisi. Apa yang membuatmu tertarik untuk berpartisipasi dalam lomba tersebut?

Jawaban narasumber 1:
Halo! Terima kasih atas ucapan selamatnya. Aku tertarik berpartisipasi dalam lomba membaca puisi karena aku sangat mencintai seni sastra, dan puisi adalah cara bagiku untuk mengekspresikan perasaan dan pikiranku dengan indah.

Pertanyaan 2:
Bagaimana persiapanmu sebelum mengikuti lomba membaca puisi? Apakah ada hal khusus yang Kamu lakukan?

Jawaban narasumber 2:
Persiapanku melibatkan banyak hal. Aku memilih puisi yang sesuai dengan perasaan dan emosi saat itu. Kemudian, aku membaca puisi tersebut berulang-ulang untuk menguasai intonasi, ekspresi, dan makna dari setiap kata.

Pertanyaan 3:
Apakah ada tantangan khusus yang Kamu hadapi selama lomba membaca puisi? Bagaimana Kamu mengatasinya?

Jawaban narasumber 3:
Tantangan utama adalah mengendalikan gugup dan tremor saat tampil di depan orang banyak. Aku berlatih membaca puisi di hadapan teman-teman dan keluarga untuk mengatasi ketegangan itu. Selain itu, bernafas dalam-dalam juga membantu tenang.

Pertanyaan 4:
Bagaimana perasaanmu saat namamu diumumkan sebagai pemenang lomba membaca puisi?

Jawaban narasumber 4:
Perasaanku campur aduk antara senang, bangga, dan terharu. Aku merasa sangat bersyukur karena kerja keras dan usaha kerasku membuahkan hasil.

Pertanyaan 5:
Apa yang menurutmu membuat penampilan membaca puisi Kamu berbeda dan menarik perhatian juri?

Jawaban narasumber 5:
Aku berusaha memberikan emosi yang mendalam dalam membawakan setiap kata dalam puisi. Selain itu, ekspresi wajah dan gerak tubuh yang sesuai dengan suasana puisi juga membantu menarik perhatian juri.

Pertanyaan 6:
Bagaimana menurutmu puisi bisa mempengaruhi perasaan dan pemikiran orang yang mendengarkannya?

Jawaban narasumber 6:
Puisi memiliki kekuatan untuk menyentuh hati dan jiwa pendengarnya. Saat membaca puisi dengan penuh emosi, orang-orang dapat merasakan dan mengerti perasaan yang ingin disampaikan oleh sang penyair.

Pertanyaan 7:
Setelah memenangkan lomba membaca puisi, apakah ada pengalaman atau pelajaran berharga yang Kamu dapatkan?

Jawaban narasumber 7:
Tentu saja! Aku belajar bahwa dengan dedikasi dan ketekunan, kita dapat mencapai apa pun yang kita impikan. Selain itu, aku juga belajar untuk lebih percaya diri saat tampil di depan publik.

Pertanyaan 8:
Apa pesan atau saran yang ingin Kamu berikan kepada teman-teman yang ingin berpartisipasi dalam lomba membaca puisi?

Jawaban narasumber 8:
Jangan takut untuk mengekspresikan perasaanmu melalui puisi. Temukan puisi yang benar-benar menggambarkan perasaanmu dan berlatihlah dengan tekun. Ingatlah untuk tampil dengan percaya diri dan menikmati setiap momen di atas panggung.

Pertanyaan 9:
Bagaimana menurutmu pentingnya seni membaca puisi dalam melestarikan budaya dan bahasa Indonesia?

Jawaban narasumber 9:
Seni membaca puisi merupakan cara yang indah untuk melestarikan bahasa dan budaya kita. Puisi adalah bagian dari warisan budaya kita yang unik dan bisa menjadi jembatan untuk mengenalkan kekayaan bahasa Indonesia kepada generasi muda.

Pertanyaan 10:
Setelah menang lomba membaca puisi, apa rencanamu selanjutnya dalam dunia kesenian?

Jawaban narasumber 10:
Aku ingin terus mengembangkan kemampuan membaca puisiku dan mencoba berbagai genre puisi. Aku juga ingin berbagi kecintaanku pada sastra dengan mengadakan lokakarya membaca puisi untuk teman-teman di sekolah atau komunitas.

B. Berikut adalah penulisan hasilnya berupa laporan wawancara:

Laporan Wawancara tentang Lomba Membaca Puisi dengan Kak Naomi

Hari/Tanggal: 20 November 2026

Pendahuluan

Pada hari yang cerah ini, penulis melakukan wawancara dengan Kak Naomi, seorang juara lomba membaca puisi yang berhasil meraih prestasi gemilang dalam kompetisi tersebut. Wawancara ini bertujuan untuk mendapatkan insight dan inspirasi dari seorang seniman muda yang berhasil mengukir namanya dalam dunia kesenian. Berikut ini adalah ringkasan hasil wawancara dengan Kak Naomi.

I. Latar Belakang dan Motivasi

Kak Naomi mengawali ceritanya dengan menjelaskan bahwa dia telah tertarik dengan seni sastra sejak dini. Hal ini menjadi motivasinya untuk berpartisipasi dalam lomba membaca puisi dan menghadirkan keindahan melalui kata-kata.

II. Persiapan dan Tantangan

Dalam mempersiapkan diri mengikuti lomba membaca puisi, Kak Naomi mengungkapkan bahwa dia sangat selektif dalam memilih puisi yang akan dibacakannya. Persiapan ini melibatkan memahami makna puisi secara mendalam, berlatih intonasi, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh yang sesuai dengan puisi. Selain itu, dia juga harus menghadapi tantangan mengatasi rasa gugup dan ketegangan saat tampil di depan publik.

III. Pengalaman dan Perasaan

Kemenangan dalam lomba membaca puisi memberikan perasaan campur aduk bagi Kak Naomi. Ia merasakan kebahagiaan, kebanggaan, dan terharu karena kerja kerasnya membuahkan hasil.

IV. Pentingnya Seni Membaca Puisi

Kak Naomi berpendapat bahwa seni membaca puisi memiliki peran penting dalam melestarikan budaya dan bahasa Indonesia. Melalui puisi, budaya dan bahasa Indonesia dapat diapresiasi dan dilestarikan, serta diwariskan kepada generasi muda.

V. Pesan dan Rencana

Dalam mengakhiri wawancara, Kak Naomi memberikan pesan dan saran bagi mereka yang tertarik berpartisipasi dalam lomba membaca puisi. Dia mendorong untuk tidak takut mengekspresikan perasaan melalui puisi, berlatih dengan tekun, dan menikmati momen saat tampil di atas panggung. Selain itu, dia juga berencana untuk terus mengembangkan kemampuan membaca puisi dan berbagi kecintaannya pada sastra melalui lokakarya membaca puisi.

Penutup

Wawancara dengan Kak Naomi menginspirasi dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang arti dan pentingnya seni membaca puisi. Keberhasilannya sebagai juara lomba membaca puisi adalah bukti bahwa ketekunan, dedikasi, dan cinta pada seni dapat menghasilkan prestasi gemilang. Semoga cerita dan pengalaman Kak Naomi ini dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang, terutama generasi muda, untuk terus mencintai dan melestarikan seni sastra dan budaya Indonesia.

Comments