Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Halaman 5 tentang “Pantan Terong yang Instagramable”


Berikut adalah soal pertanyaan Bahasa Indonesia kelas 7 SMP halaman 5 tentang “Pantan Terong yang Instagramable” beserta kunci jawabannya.

1. Apa objek yang dideskripsikan dalam tulisan Rafa di atas?

Jawaban: Objek yang dideskripsikan dalam tulisan Rafa di atas adalah Pantan Terong.

2. Di kota mana objek tersebut berada?

Jawaban: Objek tersebut berada di Kota Takengon, Provinsi Aceh.

3. Pada pengantar tulisan, mengapa disebutkan Rafa tak menyesal mengusulkan destinasi wisata ini kepada keluarganya?

Jawaban: Rafa tak menyesal mengusulkan destinasi wisata Pantan Terong karena tempatnya "instagramable" dengan pemandangan indah dan banyak spot swafoto menarik untuk diunggah di Instagram.

4. Tuliskan kembali dua kutipan kalimat Rafa yang menunjukkan kesannya terhadap objek tersebut!
a. _____________________________________________________
b. _____________________________________________________

Jawaban: berikut dua kutipan kalimat Rafa yang menunjukkan kesannya terhadap objek tersebut:

a. Wow, pemandangan di Pantan Terong benar-benar menakjubkan! Warna langit yang jingga, gunung-gunung kokoh, dan Danau Laut Tawar yang berkilauan membuat segala lelah terbayar dengan indahnya alam ini. Aku ingin kembali lagi dan lagi!"

b. "Tempat ini sungguh instagramable, ya! Ayunan di depan tulisan Pantan Terong dengan latar lembah yang memukau pasti bakal menghasilkan swafoto yang keren. Aku sangat senang bisa mengabadikan momen indah di sini!"

5. Tempat wisata tak hanya menyuguhkan pemandangan yang instagramable, tetapi juga kisah di balik terbentuknya bentang alam, cerita di balik pembuatan cendera mata, serta makanan khas daerah tersebut. Kegiatan apakah yang pernah kalian lakukan saat berwisata selain mendokumentasikan keindahan tempat tersebut?

Jawaban: Kegiatan yang pernah saya lakukan saat berwisata selain mendokumentasikan keindahan tempat tersebut adalah mencicipi makanan khas daerah, berinteraksi dengan penduduk lokal, dan mengunjungi tempat bersejarah.

6. “Jangan ambil apa pun selain foto, jangan bunuh apa pun selain waktu, dan jangan tinggalkan apa pun selain jejak kakimu,” merupakan ungkapan penting yang perlu dicamkan oleh pengunjung tempat wisata. Menurut kalian, apa maksud pernyataan tersebut?

Jawaban: Maksud pernyataan tersebut adalah mengajak pengunjung untuk tidak merusak atau mengambil apa pun dari tempat wisata sebagai suvenir, tidak mengganggu kehidupan hewan atau tumbuhan, dan meninggalkan tempat tersebut tanpa sampah.

Comments